Saturday | Jul 31, 2021

June 22, 2021

IDB BALI BERIKAN BEASISWA DAN KEBIJAKAN PEMBAYARAN BAGI MAHASISWA


Menjelang tahun ajaran baru 2021/2022, dampak dari pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan bagi masyarakat, termasuk Bali. Sebagai pulau yang menjadi tujuan pariwisata domestik dan internasional, sebagian besar perekonomian di Bali bergantung pada bisnis pariwisata. Secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh terhadap pembiayaan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa di Bali. Mengingat mayoritas para orang tua menggantungkan penghasilan dari industri pariwisata yang saat ini sedang terpuruk. Lembaga pendidikan mau tidak mau terkena imbas dari pandemi Covid-19.

Namun dalam situasi tersebut Institut Desain dan Bisnis Bali tidak tinggal diam. Untuk bisa membuat mahasiswa aktif tetap bisa melanjutkan pendidikannya dan calon mahasiswa baru bisa mendaftar kuliah, Institut Desain dan Bisnis Bali menerapkan berbagai kebijakan untuk kemudahan dalam hal pembiayaan pendidikan.

Rektor Institut Desain dan Bisnis Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I.Kom., M.M. menyampaikan bahwa lembaga pendidikan harus memiliki komitmen kuat untuk tetap mempertahankan mutu dan kualitas pengajaran dalam berbagai situasi yang dihadapi. “Dalam kondisi sulit seperti pandemi saat ini, tidak hanya pemerintah yang harus hadir. Namun kita sebagai lembaga pendidikan juga selalu siap dan adaptif terdapat berbagai situasi. Disatu sisi perekonomian sedang menurun namun di sisi lain, pendidikan harus tetap dilaksanakan dengan terus menjaga mutu dan kualitasnya”

Bagi mahasiswa yang orang tuanya terdampak Covid-19, diberikan kebijakan pembayaran SPP semesteran dengan sistem relaksasi atau mengangsur. Hal ini sangat membantu bagi orang tua yang mengalami penurunan penghasilan bahkan hilang pekerjaan. Selain itu, bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa. Diantaranya dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai Perguruan Tinggi (BST-PT) bagi mahasiswa yang orang tuanya terdampak akibat Covid-19. Selain itu juga ada fasilitas Beasiswa UKT/SPP yang disalurkan untuk membantu meringankan pembayaran SPP mahasiswa. Institut Desain dan Bisnis Bali juga mendukung upaya pemerintah dalam memperluas jangkauan pendidikan tinggi bagi masyarakat kurang mampu melalui program beasiswa KIP Kuliah. Beasiswa KIP Kuliah di Institut Desain dan Bisnis Bali memberikan peluang bagi para calon mahasiswa mendapatkan akses pendidikan gratis dan juga mendapatkan uang saku yang diberikan setiap semester bagi penerimanya. Bagi calon mahasiswa tahun angkatan 2021/2022 yang ingin masuk ke Institut Desain dan Bisnis Bali melalui jalur KIP Kuliah, saat ini dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui website KIP Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/) dan memilih Program Studi Bisnis Digital, Institut Desain dan Bisnis Bali.

Selain itu dalam meminimalisir kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan blended learning maupun kuliah daring, melalui Institut Desain dan Bisnis Bali, mahasiswa bisa mendapatkan bantuan kuota internet yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran.

Dengan Pendidikan yang konsisten, diharapkan pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini tidak sampai meyebabkan terjadinya lost generation. Terlebih generasi muda saat ini menjadi tumpuan bagi masa depan bangsa kita.



IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra