Friday | Jan 22, 2021

December 14, 2020

PENGABDIAN MASYARAKAT IDB BALI DI DESA PADANGSAMBIAN KLOD


Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat kembali dilaksanakan oleh Institut Desain dan Bisnis Bali. Kali ini dosen dan mahasiswa berkolaborasi dalam kegiatan mural di Lapangan Astagina, Desa Padang Sambian Kelod, Denpasar. Selain menggaet aparat desa setempat, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Dulux sebagai sponsor.

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, Institut Desain dan Bisnis Bali yang sudah dimulai sejak tanggal 7 Desember 2020 ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik antara Institut Desain dan Bisnis Bali dengan masyarakat  desa Padang Sambian Klod dan Pemerintah Kota Denpasar, selain juga untuk menuangkan bakat mahasiswa dibidang  desain mural  dalam ranah mengembangkan desain modern di masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatan kesadaran masyarakat tentang keindahan seni di areal publik. Sekaligus juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terutama pengunjung lapangan Astagina tentang aktifitas tradisional masyarakat.

Hal ini tertuang dalam bentuk desain mural yang dibuat di salah satu sisi lapangan ini. Desain mural mengambil tema permainan dan olah raga tradisional khas Bali. Mural ini selain sebagai hiasan juga sebagai media edukasi, karena sebagian besar pengguna lapangan ini adalah pelajar, mulai dari tingkat pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah dan tinggi, termasuk masyarakat umum. Proses pembuatan mural ini melibatkan peran serta dosend an mahasiswa IDB Bali. Sejak dari pembuatan desain hingga penyelesaian mural, membutuhkan waktu sekitar 2 bulan.



IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra