Saturday | Jul 31, 2021

August 10, 2015

STD Bali dan New Media Kerjasama 4 Universitas di Korea


Selama sepekan Ketua Yayasan Pendidikan Putra Indonesia yang membawahi Sekolah Tinggi Desain Bali, AMIK New Media, dan College New Media, bersama tim melakukan kunjungan kerja ke Korea. Kunjungan kerja tersebut atas undangan beberapa perguruan tinggi (PT) di Korea dengan tujuan untuk membahasa realisasi program SANHAK dari pemerintah Korea. Dalam kunjungan tersebut telah disepakati kerjasama yang sudah dituangkan dalam naskah kerjasama (MoU), dengan Sunchon National University, Hanbat National University, Sun Moon University, dan Catholic University of Daegu. Pada pertemuan dengan beberapa pemimpin perguruan tinggi di Korea juga dilakukan pembahasan kerjasama yang dijalin meliputi pengembangan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan dengan metode transfer SKS atau sistem double degree. Kerjasama juga dilakukan dalam hal pertukaran mahasiswa dan dan dosen, baik untuk melanjutkan pendidikan maupun kegiatan penelitian. Selain itu, kerjasama dilakukan pula dalam kegiatan kemahasiswaan, pelaksanaan seminar, workshop, dan sebagainya.

Beberapa tahun terakhir Korea Selatan melejit dalam berbagai perbincangan. Tidak hanya terkenal dengan industri musik KPop yang telah mendunia dan drama Korea, dilain pihak Korea adalah negara industri yang maju dalam bidang teknologi informasi. Korea Selatan juga mendapat predikat sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Dengan dilakukannya kerja sama ini maka peluang bagi para mahasiswa/pelajar Indonesia, khususnya Bali, untuk belajar ke Korea terbuka lebar. Program SANHAK memberikan kesempatan bagi mereka menempuh pendidikan lanjut ke Korea dengan sistem transfer SKS, double degree dan juga langsung magang kerja di Korea. Selama mengikuti program SANHAK, mahasiswa akan mendapatkan gaji untuk memenuhi biaya hidup serta dapat menyelesaikan program sarjana di Korea. Selain itu, banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Korea maupun swasta bagi mahasiswa berprestasi.

Program SANHAK ini hanya dapat dilakukan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah melalui institusi yang berwenang mengelola pendidikan tinggi dengan sistem transfer kredit. Sistem pendidikannya dilaksanakan selama 4 semester dengan komposisi 1 semester intensif mempelajari bahasa Korea dan 3 semester atau lebih melakukan program kuliah sambil magang industri. Guna mempersiapkan mahasiswa yang akan mengikuti program SANHAK ini, STD Bali, AMIK New Media, dan Colege New Media bekerja sama dengan Indonesia-Korea Culture & Study (IKC&S) dalam bentuk pelatihan bahasa dan budaya Korea. 

Saat ini, STD Bali, AMIK New Media, dan College New Media masih menerima pendaftaran mahasiswa baru TA 2015. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.newmed.ac.id atau www.std-bali.ac.id. Selain itu juga bisa datang langsung ke custmer service kampus STD Bali dan New Media di Jl. Tukad Batanghari No.29, Panjer – Denpasar.



IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra