Thursday | Apr 15, 2021

November 28, 2020

WISUDA INSTITUT DESAIN DAN BISNIS BALI 2020


Sabtu (28/11), Institut Desain dan Bisnis Bali telah meluluskan 140 orang wisudawan yang terdiri dari Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual 108 orang dan S1 Desain Interior 32 orang. Prestasi lulusan sangat membanggakan dengan nilai IPK tertinggi adalah 3,77 dan IPK rata-rata adalah 3,48.

Sedangkan New Media College telah meluluskan 173 orang lulusan. Prestasi lulusan sangat membanggakan dengan nilai IPK tertinggi adalah 3,91 dan IPK rata-rata adalah 3.61.

Tantangan yang dihadapi wisudawan adalah menjadi job seeker atau job creator, sehingga lulusan Perguruan Tinggi di Bali dididik dengan harapan untuk menjadi inisiator, yang mampu untuk memberikan kontribusi bagi perubahan dan terlibat dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat di masyarakat. Harapan tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si saat memberikan sambutan pada Wisuda Institut Desain dan Bisnis Bali serta Pelepasan Lulusan New Media College.

Rektor Institut Desain dan Bisnis Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I.Kom., M.M mengatakan Institut Desain dan Bisnis Bali serta New Media College berkomitmen meningkatkan kualitas capaian akademik dan non akademik. Termasuk dalam  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh segenap civitas akademika. Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama Internasional bersama Institute of Business Timor Leste dan telah terealisasi melalui pengajaran kelas internasional yang diberikan oleh Dosen Institut Desain dan Bisnis Bali.

Institut Desain dan Bisnis Bali yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Desain Bali memiliki program studi Desain Komunikasi Visual, program studi Desain Interior dan program studi Desain Mode. Disamping 3 (tiga) program studi tersebut, saat ini Institut Desain dan Bisnis Bali membuka program studi baru yaitu program studi Bisnis Digital dengan program unggulan Exclusive Business Class in Digital Marketing and Communication, untuk memfasilitasi insan kreatif yang memiliki passion di bidang bisnis.

Institut Desain dan Bisnis Bali kini telah resmi menjadi Tempat Uji Kompetensi Multimedia, Digital Marketing, Graphic Design & Office Application Field oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital. Prestasi membanggakan juga dihasilkan oleh New Media College karena telah meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional.

Begitu pula dengan New Media College telah memiliki ijin resmi Tempat Uji Kompetensi (TUK) yaitu TUK Teknologi Informasi & Komunikasi, TUK Digital Teknologi & Bisnis oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Digital Teknologi & Bisnis serta, TUK Teknisi Akuntansi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi. Dengan demikian,  New Media College berhak menyelenggarakan Ujian Kompetensi bagi peserta didik maupun masyarakat umum yang ingin mendapatkan sertifikasi kompetensi di bidang Digital Marketing dan Akuntansi. “Hal ini menjadi bukti nyata atas kerja keras, keseriusan dan profesionalisme pihak kampus dalam mengelola lembaga pendidikan,” kata Direktur New Media College, Kadek Sudrajat, S.Kom. 

Pada tahun 2020, Institut Desain dan Bisnis Bali telah menyelenggarakan beberapa kegiatan berkelas Internasional, diantaranya; 1). menerima mahasiswa baru berasal dari Prancis dan Jerman yang melakukan student exchange dengan menyelesaikan program 1 semester yang berasal dari RheinMain University of Applied Science Germany, 2). menyelenggarakan Seminar Internasional bertajuk IMADe (International Conference on Multimedia, Architecture and Design), yang menghadirkan pembicara dari beberapa negara, 3). Kerja sama Internasional bersama Institute of Business Timor Leste dan telah terealisasi melalui pengajaran kelas internasional yang diberikan oleh Dosen Institut Desain dan Bisnis Bali.

Prestasi yang dihasilkan mahasiswa Institut Desain dan Bisnis Bali serta New Media College juga membanggakan baik di tingkat akademis dan non akademis seperti: 1). Juara dalam Workshop Painting of Sweet Dragonfly yang diadakan oleh UC Silver, 2). Wakil II dan Best Talent dalam ajang Teruni Bali 2020, 3). Finalis lomba Desain Interior pada event ITS Technology Innovation yang dilaksanakan bulan Agustus-November 2020 yang diikuti oleh 20 kampus seluruh Indonesia

Prestasi tersebut lah yang menyebabkan Kampus Institut Desain dan Bisnis Bali serta New Media College tidak hanya dikenal sebagai Kampus Kreatif, Kampus Biru Orange tetapi Juga sebagai Kampus Juara.



IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra