Saturday | Aug 20, 2022

December 01, 2021

WISUDA INSTITUT DESAIN DAN BISNIS BALI TAHUN 2021


Selasa (30/11), Institut Desain dan Bisnis Bali telah meluluskan 123 orang wisudawan yang terdiri dari Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual 76 orang dan S1 Desain Interior 47 orang. Prestasi lulusan sangat membanggakan dengan nilai IPK tertinggi adalah 3,85 dan IPK rata-rata adalah 3,48. Sedangkan New Media College telah meluluskan 207 orang lulusan. Prestasi lulusan sangat membanggakan dengan nilai IPK tertinggi adalah 3,97 dan IPK rata-rata adalah 3,65. Acara wisuda dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center dengan lancer dan khidmat.
Tantangan yang dihadapi wisudawan adalah menjadi job seeker atau job creator, sehingga lulusan Perguruan Tinggi di Bali dididik dengan harapan untuk menjadi inisiator, yang mampu untuk memberikan kontribusi bagi perubahan dan terlibat dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat di masyarakat. Harapan tersebut disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si saat memberikan sambutan pada Wisuda Institut Desain dan Bisnis Bali & Pelepasan Lulusan New Media College.
Rektor Institut Desain dan Bisnis Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I.Kom., M.M dalam sambutannya mengatakan Institut Desain dan Bisnis Bali berkomitmen meningkatkan kualitas capaian akademik dan non akademik. Termasuk dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang bekerjasama dengan berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta dan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Dalam pelaksanaan kegiatan internasional telah pula dilakukan dengan mengadakan kegiatan seminar dan kuliah umum secara daring oleh profesor Poland dan Itali. Kerjasama magang bersama OG Architect perusahaan arsitektur German di Bali. 
Dalam 1 (satu) tahun terakhir Kampus IDB Bali melahirkan juara diberbagai bidang kegiatan kemahasiswaa yaitu: 2 mahasiswa IDB Bali telah lolos hibah pendanaan Talenta Inonavasi dari Kemendkbudristek 2021 dan 2 mahasiswa lainnya juga mendapatkan hibah Animasi dari Kemenparekraf. Selain itu, dalam rangka mempersiapkan lulusan yang siap berwirausaha, Inkubator Bisnis IDB Bali telah membina berbagai tenant mahasiswa dengan berbagai bidang usaha. Dan saat ini Inbis IDB Bali telah melahirkan tenant-tenant yang lolos hibah dari pemerintah yaitu mendapatkan hibah Hinpreneur Academy dari Pemerintah Kota Denpasar serta mendapatkan hibah Creative IP Inkubator 2021 dari Katapel & Kemdikbud serta Kedai Reka
Lulusan yang berkualitas adalah tujuan akhir dari IDB Bali, oleh karenanya IDB Bali membuka Lembaga sertifikasi dalam menyiapkan tempat uji kompetensi. Saat ini lembaga sertifikasi IDB Bali telah bekerja sama dengan berbagai mitra perguruan tinggi, balai diklat, lembaga pendidikan dan pelatihan kerja dengan 44 skema sertifikasi profesi berlisensi BNSP di bidang ilmu Desain, Bisnis, Teknologi Informasi, Multimedia, Digital Marketing, Project Management, Akuntansi, Data Science, Programming dan bidang-bidang ilmu lainnya.
Begitu pula dengan New Media College yang telah terakreditasi A dan telah memiliki ijin resmi Tempat Uji Kompetensi (TUK) yaitu TUK Teknologi Informasi & Komunikasi, TUK Digital Teknologi & Bisnis oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Digital Teknologi & Bisnis serta, TUK Teknisi Akuntansi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi. Dengan demikian,  New Media College berhak menyelenggarakan Ujian Kompetensi bagi peserta didik maupun masyarakat umum yang ingin mendapatkan sertifikasi kompetensi di bidang Digital Marketing dan Akuntansi. 
Direktur New Media College Bapak Kadek Sudrajat, S.Kom dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini, New Media College mendapat kepercayaan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan untuk menyelenggarakan kegiatan Pengimbasan Pengembangan Teknologi dan Inovasi Keterampilan Terbarukan Tahun 2021 pada bidang Web Programing dengan diikuti oleh 10 Lembaga Pendidikan sejenis yang ada di Bali, Kemudian di tahun yang sama kembali lagi New Media College mendapatkan kepercayaan dan lolos pengajuan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan untuk ketrampilan Multimedia Tingkat Pemula dengan jumlah peserta 100 orang. Kegiatan pelatihan ini masih berlangsung hingga Desember nanti. Bantuan Pemerintah menyelenggarakan Uji Kompetensi di tahun 2021. Peserta didik New Media College juga sangat membanggakan, di tengah pandemi dapat melahirkan kejuaraan dengan kategori The Best & Favorite Movie, dan The Best Actress Nomination dalam ajang Indihome Inidie Movie Award 2021 Telkom Indonesia, Juara 2 lomba video kreatif dalam Sabha Gotra Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Hindu Budha PKN STAN dan Runner Up 2 Jegeg Bagus Kabupaten Badung 2020. Serapan lulusan New Media College di dunia kerja juga sangatlah baik. Dari data sejak berdirinya New Media College sejak tahun 2002, telah meluluskan 2.195 peserta didik. Dari data tracer study bahwa alumni yang tersebar di seluruh Indonesia, 80 persen diterima bekerja sesuai dengan bidangnya, 15 persen melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi dan 5 persen membuka usaha sendiri.


IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra