Sunday | Sep 20, 2020



Bisnis Digital


Program Studi Sarjana Bisnis Digital bertujuan untuk menghadapi kebutuhan industri, bisnis dan kehidupan global yang berfokus pada ekonomi digital, pengembangan sumber daya manusia dengan kompetensi digital, serta percepatan pengelolaan bisnis berbasiskan sistem, big data dan internet of things. Fokus keilmuan Sarjana teknologi informasi, ilmu komputer, dan teknik informatika, belum memiliki kompetensi komprehensif dalam pengelolaan bisnis. Fenomena sebaliknya juga muncul pada Sarjana yang berfokus pada disiplin ilmu akuntansi, dan manajemen yang tidak sepenuhnya menguasai keilmuan teknologi dan digital. Kolaborasi keilmuan tersebut hadir di dalam program studi Sarjana Bisnis Digital yang merupakan prodi dengan muatan multidisiplin yang dapat menjadi sarana pengelolaan, dan percepatan pengembangan industri khusususnya di bidang kreatif dan pariwisata berbasiskan kearifan lokal, yang menghasilkan sarjana unggul yang kompetitif.

 

VISI PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL

Visi program studi Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali adalah  Menjadi Program Studi Bisnis Digital yang unggul  dan kompetitif dalam mengembangkan dan memajukan Bisnis UMKM dan UKM menjadi Bisnis yang berkembang ke tingkat nasional maupun internasional hingga tahun 2038.

 

MISI PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL

  1. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berhubungan dengan perkembangan bisnis dan industri digital
  2. Mempersiapkan lulusan yang menguasai tentang bisnis Start Up Digital, Marketplace, dan Big Data
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan bisnis UMKM menjadi UKM dan dari UKM menjadi bisnis berskala nasional maupun internasional melalui pemanfaatan teknologi dan media digital
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki inisiatif dalam pengembangan wirausaha mandiri dan kolaborasi
  5. Menghasilkan lulusan yang menguasai perkembangan industri pariwisata sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan industri pariwisata khususnya industri pariwisata Bali  

 

KOMPETENSI KEAHLIAN

 

Creative Digital Marketer / Pemasar Digital Kreatif

Konsentrasi ini diharapkan dapat menjadi pemasar digital yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana utama dalam memasarkan produk dan juga mampu memetakan strategi digital untuk kebutuhan sales & marketing berbasiskan pendekatan visual dan kreatif untuk mengkonversi audiens menjadi calon pelanggan.

UMKM E-Commerce

Konsentrasi ini diharapkan dapat menjadi pengusaha yang mampu mengelola bisnis kreatif UMKM dengan mendorong terciptanya startup berbasi teknologi informasi secara mandiri maupun berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana utama dalam menciptakan, dan mengembangkan produk.

Bisnis Digital Pariwisata

Konsentrasi ini diharapkan mampu mengelola bisnis digital pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi dan berbagai saluran digital dalam memasarkan produk pariwisata berbasis kearifan lokal.

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Digital Creativepreneur
  2. Analis Bisnis Digital
  3. Konsultan Bisnis Kreatif
  4. Digital Strategist
  5. Inisiator Startup
  6. Digital Tourism Marketing
  7. Manajer Pemasar Digital
  8. Manajer Pengembangan Bisnis
  9. Konsultan Pemasaran Digital
  10. Pemasar Digital
  11. Konsultan Bisnis
  12. Perencana Bisnis Berkelanjutan

 

TENAGA PENGAJAR

Tenaga pengajar pada Program Studi Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali merupakan tenaga profesional yang memiliki pengetahuan di bidang desain, teknologi informasi, ekonomi dan bisnis dengan metode pengajaran yang fun dan kreatif.

 

  

 



IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra