Bisnis Digital

Program Studi Sarjana Bisnis Digital bertujuan untuk menghadapi kebutuhan industri, bisnis dan kehidupan global yang berfokus pada ekonomi digital, pengembangan sumber daya manusia dengan kompetensi digital, serta percepatan pengelolaan bisnis berbasiskan sistem, big data dan internet of things. Fokus keilmuan Sarjana teknologi informasi, ilmu komputer, dan teknik informatika, belum memiliki kompetensi komprehensif dalam pengelolaan bisnis. Fenomena sebaliknya juga muncul pada Sarjana yang berfokus pada disiplin ilmu akuntansi, dan manajemen yang tidak sepenuhnya menguasai keilmuan teknologi dan digital. Kolaborasi keilmuan tersebut hadir di dalam program studi Sarjana Bisnis Digital yang merupakan prodi dengan muatan multidisiplin yang dapat menjadi sarana pengelolaan, dan percepatan pengembangan industri khusususnya di bidang kreatif dan pariwisata berbasiskan kearifan lokal, yang menghasilkan sarjana unggul yang kompetitif.
VISI PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
Visi program studi Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali adalah Menjadi Program Studi Bisnis Digital yang unggul dan kompetitif dalam mengembangkan dan memajukan Bisnis UMKM dan UKM menjadi Bisnis yang berkembang ke tingkat nasional maupun internasional hingga tahun 2038.
MISI PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL
- Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berhubungan dengan perkembangan bisnis dan industri digital
- Mempersiapkan lulusan yang menguasai tentang bisnis Start Up Digital, Marketplace, dan Big Data
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan bisnis UMKM menjadi UKM dan dari UKM menjadi bisnis berskala nasional maupun internasional melalui pemanfaatan teknologi dan media digital
- Menghasilkan lulusan yang memiliki inisiatif dalam pengembangan wirausaha mandiri dan kolaborasi
- Menghasilkan lulusan yang menguasai perkembangan industri pariwisata sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan industri pariwisata khususnya industri pariwisata Bali
KOMPETENSI KEAHLIAN
Creative Digital Marketer / Pemasar Digital Kreatif
Konsentrasi ini diharapkan dapat menjadi pemasar digital yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana utama dalam memasarkan produk dan juga mampu memetakan strategi digital untuk kebutuhan sales & marketing berbasiskan pendekatan visual dan kreatif untuk mengkonversi audiens menjadi calon pelanggan.
UMKM E-Commerce
Konsentrasi ini diharapkan dapat menjadi pengusaha yang mampu mengelola bisnis kreatif UMKM dengan mendorong terciptanya startup berbasi teknologi informasi secara mandiri maupun berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana utama dalam menciptakan, dan mengembangkan produk.
Bisnis Digital Pariwisata
Konsentrasi ini diharapkan mampu mengelola bisnis digital pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi dan berbagai saluran digital dalam memasarkan produk pariwisata berbasis kearifan lokal.
KOMPETENSI LULUSAN
- Digital Creativepreneur
- Analis Bisnis Digital
- Konsultan Bisnis Kreatif
- Digital Strategist
- Inisiator Startup
- Digital Tourism Marketing
- Manajer Pemasar Digital
- Manajer Pengembangan Bisnis
- Konsultan Pemasaran Digital
- Pemasar Digital
- Konsultan Bisnis
- Perencana Bisnis Berkelanjutan
TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar pada Program Studi Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali merupakan tenaga profesional yang memiliki pengetahuan di bidang desain, teknologi informasi, ekonomi dan bisnis dengan metode pengajaran yang fun dan kreatif.