Saturday | Aug 20, 2022



Manajemen Retail


Dunia bisnis saat ini sudah berkembang pesat. Inovasi dalam berbisnis menjadi salah satu upaya agar bisnis tidak tenggelam. Untuk mengelola bisnis yang baik tentu diperlukan kemampuan dalam manajemen, apalagi dalam perencanaan dan pengendalian bisnis. IDB Bali sebagai kampus desain dan bisnis terbaik di Bali menangkap peluang tersebut dan membuka program studi Manajemen Retail dengan gelar Sarjana.  

Program studi ini memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam posisi kepemimpinan dan menjanjikan di bidang ritel. Skill ini dapat digunakan untuk memulai karir yang berbeda di industri ritel, seperti manajemen toko ritel, pembelian, pemasaran, pengawas di tingkat korporasi, perdagangan internasional, ekspor & impor dan logistik.  

 

VISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN RETAIL

Menjadi Program studi bisnis manajemen retail yang terpercaya serta profesional dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berjiwa  entrepreneur melalui  kreativitas dan inovasi berbasis teknologi dan dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional

 

MISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN RETAIL

  1. Menyelenggarakan program studi  yang memiliki kemampuan dan kapasitas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kreativitas yang tinggi, sekaligus pembawa inovasi pendidikan dalam bidang bisnis manajemen retail  berbasis teknologi dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.
  2. Menyelenggarakan program studi  sebagai salah satu pendidikan tinggi yang unggul di bidang bisnis manajemen retail berbasis teknologi dengan menghasilkan lulusan yang profesional, berkreativitas tinggi, mandiri, berjiwa entrepreneur dan memiliki daya saing di bidang industri kreatif dalam kurun waktu 10 tahun ke depan
  3. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara terpadu, terukur dan produktif setiap tahunnya.
  4. Menyelenggarakan program studi  dengan tata kelola yang baik (Good University Governance) dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.
  5. Mengembangkan kualitas kualitas pembelajaran  melalui peningkatan kemampuan bisnis dan manajemen agar dapat meningkatkan keahlian dan kompetensinya.

 

KOMPETENSI KEAHLIAN

Retail 

Mahasiswa akan diajarkan pengetahuan tentang pengadaan barang, perputaran barang, stok barang, pengelolaan usaha, dan layanan konsumen secara mendetail. 

Logistik 

Mahasiswa akan diajarkan pengetahuan tentang kegiatan perencanaan, pelakasanaan, hingga pengawasan teknis terhadap barang atau produk. 

Ekspor & Impor 

Mahasiswa akan diajarkan pengetahuan tentang perdagangan internasional, lalu lintas barang, manajemen bisnis internasional, globalisasi perdagangan dan pajak ekspor impor.  

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Retail Owner (Pemilik Retail) 
  2. Business Planning Retail (Perencana Bisnis Retail) 
  3. Retail Manager (Manajer Retail)  
  4. Retail Business Consultant (Konsultan Bisnis Retail) 
  5. Export & Import Manager (Manajer Ekspor & impor) 
  6. E-commerce 
  7. Marketing Manager (Manajer Pemasaran) 
  8. Operational Manager (Manajer Operasional) 
  9. Logistic Manajer (Manajer Logistik) 
  10. Business Consultant (Konsultan Bisnis) 
  11. Entrepreneur (Wirausahawan) 

 

TENAGA PENGAJAR

Tenaga pengajar pada Program Studi Manajemen Retail, Institut Desain dan Bisnis Bali, merupakan tenaga profesional yang memiliki pengetahuan di bidang manajemen, retail, manajemen pemasaran, ekonomi, akuntansi dan lainnya  dengan metode pengajaran yang fun dan kreatif. 

 

  

 



IDB BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
Study In Bali
Universiti Teknologi Petronas Malaysia
Universitas Udayana
Universitas Ciputra