/
Desain Interior

Desain Interior

Kuliah Desain Interior IDB Bali merupakan sebuah cabang keilmuan desain yang terintegrasi dengan multi-disiplin lainnya (seperti arsitektur, lingkungan, teknologi, psikologi, hingga sosial budaya dan ekonomi) dan digunakan untuk menciptakan perancangan ruang dalam yang mempertimbangkan segala prinsip dan aspek desain dalam mencapai kepuasan pengguna sesuai dengan aktivitas di dalamnya. Melalui pendekatan Integrated Curriculum, mahasiswa Program Studi Desain Interior akan mendapatkan proses pembelajaran yang berorientasi pada project-based learning, sehingga mahasiswa mampu mencapai pemahaman materi dan praktik secara terpadu tanpa penugasan yang berbeda-beda di setiap mata kuliah.

Kompetensi Keahlian

Grafis dan Animasi Interior

Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan kompetensi spesifik mengenai penyajian perancangan interior secara interaktif dan komunikatif dalam bentuk 3D dan video animasi.

Produk dan Eksibisi Interior

Mahasiswa akan mengeskplor segala bentuk gagasan dan ide dalam menciptakan sebuah produk-produk interior (seperti amenities, mebel, aksesoris, dll), serta mempublikasikannya dalam sebuah pameran karya.

Bisnis Desain Interior 

Mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi creativepreneur dalam bidang desain interior melalui proses pembelajaran yang mengintegrasikan kompetensi desain dan perencanaan bisnis (business plan). 

Kompetensi Lulusan

Interior Designer
Furniture Designer
Stage Designer
Building Manager
Events Decorator
Interior Design 3D Artist dan Animator
Interior Design Entrepreneur
Interior Design Consultant
Interior Design Products & Amenities Designer

Testimoni Mahasiswa

  • mahasiswa-aditya

    I Nyoman Aditya Parwangsa

    Sejak SMA, saya sudah tertarik terhadap perancangan sebuah ruangan, cita – cita menjadi seorang desain interior ternama saya wujudkan dengan menjadi mahasiswa Desain Interior di IDB Bali. Karena saya yakin Desain Interior IDB Bali adalah tempat yang pas untuk saya bisa mewujudkan cita – cita saya dengan fasilitas dan tenaga pengajar berkompeten yang menunjang itu semua.

VISI

Sesuai dengan visi Institut Desain dan Bisnis Bali yaitu sebagai perguruan tinggi desain dan bisnis yang berkualitas dan terpercaya dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui peningkatan kreativitas, produktivitas, dan profesionalisme civitas akademika di tahun 2032. Visi program studi S1 Desain Interior  adalah menjadi program studi yang unggul  dan kompetitif di bidang desain interior berbasiskan kearifan lokal Bali dalam penyelengaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi hingga tahun 2025.

MISI

Menghasilkan lulusan Sarjana Desain Interior yang unggul dengan misi sebagai berikut: 

01.

Menitikberatkan pada pendidikan dengan proses pembelajaran yang kreatif dan mandiri, kemampuan dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan penggunaan teknologi komputer sebagai pendukung dalam usaha percepatan pematangan kemampuan mahasiswa.

02.

Menyajikan kurikulum Desain Interior yang sesuai dengan perkembangan industri kreatif yang sedang berkembang 

03.

Mewujudkan pendidikan interior dengan yang tetap mengacu pada nilai-nilai kearifan lokal Bali.

Mewujudkan lulusan desain interior yang kompetitif dengan misi sebagai berikut: 

01.

Menghasilkan lulusan yang produktif, kreatif dan profesional dalam perancangan bangunan dan interior serta dapat menerapkan ilmunya untuk kepentingan masyarakat. 

02.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan baik keterampilan berkarya, penelitian maupun sikap mental keprofesian sebagai bekal dalam menghadapi tantangan profesi di masa depan (MEA, AFTA, dll).

Ingin kuliah di Institut Desain dan Bisnis Bali? Segera daftar melalui dengan klik link Pendaftaran Online di https://pmb.idbbali.ac.id/ atau melihat Info Pendaftaran.

Tahun Pertama

Mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai subjek mata kuliah dasar sebagai basis dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Pada tahap ini, mahasiswa juga mulai mendapatkan wawasan umum mengenai elemen maupun karakter dalam desain interior.

Tahun Kedua 

Mahasiswa akan mulai mengeksplorasi ide-ide konseptual dan bereksperimen dengan luasnya media dan teknologi digital dalam konteks desain interior. Proses pembelajaran mahasiswa juga akan didukung dengan studio dan laboratorium praktikum yang representatif. 

Tahun Ketiga 

Menggunakan pendekatan yang komprehensif, pada tahun ketiga mahasiswa diarahkan untuk mencapai kompetensi dalam menyelesaikan sebuah proyek desain interior dan berpikir dari berbagai multidisplin melalui subjek-subjek mata kuliah yang ditawarkan. Pada tahun ini mahasiswa akan mendapatkan pengalaman konkrit melalui proses pembelajaran yang melibatkan industri yang relevan dan bereputasi. 

Tahun Keempat

Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan spesialisasi keilmuan di bidang desain interior yang terintegrasi dengan teknologi digital dan kewirausahaan. Dengan kompetensi ini, mahasiswa akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengekskalasi dan mengakselerasi Tugas Akhir menjadi sebuah bentuk kontribusi yang berdampak bagi industri dan masyarakat, sekaligus menjadi portfolio mahasiswa yang kreatif dan inovatif.

  • emmi-nutrisia

    Dr. Ni Made Emmi Nutrisia Dewi, S.T., M.T.

    Pendidikan terakhir S3 Kajian Budaya dan akan menerapkan ilmunya dalam bidang desain interior dan arsitektur. Di usianya yang tergolong masih muda beliau sudah banyak menghasilkan karya ilmiah yang dapat menunjang karirnya sebagai dosen.

  • freddy

    Freddy Hendrawan, S.T., M.T., Ph.D

    Seorang praktisi profesional di bidang arsitektur dan desain interior dengan pengalaman di level nasional dan internasional. Berhasil menyelesaikan studi doktoral di Australia dan telah menjadi seorang akademisi selama lebih dari 1 dekade.

  • uniy

    Ni Kadek Yuni Utami, S.T., M.Ds.

    Beliau aktif sebagai pengajar Desain Interior di IDB Bali dan seorang praktisi Manajer Desain. Mendapatkan gelar sarjana Teknik Arsitektur dan Magister Desain dan sempat menjadi senior designer di perusahaan luar negeri sebelum menjadi co-founder biro arsitektur di Bali.

Casa Studio
MF Design
PT Intaran
HDII
PT Reka Massa Architect
DDAP Architect
OG Architect
RAW Project
Pendaftaran Online

Ayo Gabung Jadi Mahasiswa IDB Bali Sekarang!

Siap melangkah kedepan untuk karirmu selanjutnya?

Program Studi

Desain Komunikasi Visual

Prodi ini mempelajari ilmu perancangan tentang desain berbasiskan penelitian, apresiasi budaya dan penguasaan terhadap teknologi desain. Jurusan ini lebih mengembangkan bentuk komunikasi melalui visual gambar yang informatif, komunikatif, dan tentu saja disesuaikan dengan kualitas standar industri kreatif. Prodi DKV di IDB Bali memiliki kelebihan dengan mengkolaborasikan teknologi dan bisnis, tidak...

Baca Selengkapnya >

Desain Interior

Sebuah cabang keilmuan desain yang terintegrasi dengan multi-disiplin lainnya (seperti arsitektur, lingkungan, teknologi, psikologi, hingga sosial budaya dan ekonomi) dan digunakan untuk menciptakan perancangan ruang dalam yang mempertimbangkan segala prinsip dan aspek desain dalam mencapai kepuasan pengguna sesuai dengan aktivitas di dalamnya. Melalui pendekatan Integrated Curriculum, mahasiswa Program Studi Desain...

Baca Selengkapnya >
Prodi Jurusan Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali

Bisnis Digital

Mengajarkan tentang bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk hingga pemasarannya. Penjualan atau pemasaran produk dilakukan secara online melalui media digital seperti sosial media serta e-commerce yang akan kamu pelajari. Kamu akan ahli dalam menggunakan platform digital untuk memajukan bisnis.

Baca Selengkapnya >

Desain Mode

Mendidik dan menyiapkan mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri, kompeten, kreatif, dan inovatif serta update dalam perkembangan teknologi dan industri.  Mahasiswa tidak hanya belajar merancang desain busana dan menguasai teknik namun juga dibekali dengan pengetahuan pengembangan bisnis guna menyiapkan lulusan yang siap untuk bersaing secara global di industri fashion.

Baca Selengkapnya >

Manajemen

Manajemen yang ada di IDB Bali hadir dengan menawarkan sebuah hal baru. Mencakup perancangan dan pengelolaan aktivitas dan sumber daya manusia, keuangan, operasional, pemasaran, dan aspek teknologi. Mahasiswa akan memiliki kompetensi, keterampilan, kreatifitas, dan inovasi dalam membangun bisnis atau cara mengurus (to manage) sebuah perusahaan/organisasi.

Baca Selengkapnya >

Sistem dan Teknologi Informasi

Gabungan dari keilmuan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, di prodi ini akan belajar menganalisis permasalahan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Pada keilmuan ini kita juga akan belajar banyak tentang ilmu manajemen bisnis, dasar teknik elektro, sampai dengan nilai sosial ekonomi. Manajemen dan manajerial suatu organisasi dapat dipandang dari sisi IT,...

Baca Selengkapnya >