Sen | 26 Feb 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa

Putra Putri Kampus

Putra Putri Kampus IDB Bali & NMC merupakan organisasi kemahasiswaan internal kampus yang menjadi bagian dari proses pendidikan untuk mengembangkan softskills mahasiswa melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berbudaya, dan unggul. Paguyuban Putra Putri Kampus IDB Bali & NMC memiliki agenda utama tiap tahunnya yaitu Grand Final atau Pemilihan Putra Putri Kampus Insitut Desain & Bisnis Bali dan New Media College.

Pemilihan Putra Putri Kampus Institut Desain & Bisnis Bali dan New Media College, merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswa/i terbaik dalam bidang akademis dan non-akademik dalam rangka merayakan Dies Natalis Institut Desain & Bisnis Bali (IDB) dan New Media College (NMC).

Kegiatan ini kami laksanakan bertujuan untuk memilih Putra Putri Kampus yang akan mewakili IDB Bali beserta NMC yang akan menjadi duta dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal kampus, juga untuk mencari perwakilan untuk maju ke ajang pemilihan yang lebih tinggi. Kegiatan ini sebagai wadah untuk membina karakter mahasiswa/i agar mereka berkembang dan tumbuh menjadi pribadi yang kuat, bertanggung jawab, siap dengan segala tantangan, dan memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Kegiatan Pemilihan Putra Putri Kampus juga berguna untuk menggali potensi diri dan kepribadian yang luhur, juga turut mengembangkan tingkat pengetahuan global mahasiswa dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Creativepreneur

UKM Creativepreneur adalah salah satu UKM dalam bidang kewirausahaan yang menjadi wadah untuk mengembangkan dan mewujudkan peran serta dalam membangun jiwa kewirausahaan dikalangan generasi muda, khususnya mahasiswa/i IDB Bali.

UKM yang terbentuk atas kerjasama IDB Bali dan HIPMI Denpasar ini merupakan bagian dari program HIPMI Perguruan Tinggi (PT) di Denpasar. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk kaderisasi pengusaha muda yang bertujuan untuk menciptakan pengusaha baru di lingkungan Perguruan Tinggi dalam mendorong program 1 juta pengusaha di Indonesia.

Selain menjadi wadah terbentuknya pengusaha muda di lingkup kampus, Creativepreneur dapat menjadi sarana pendidikan mahasiswa untuk dapat terus berkembang bukan hanya sebagai pengusaha tetapi sebagai pengusaha yang kreatif, creative + entrepreneur.

Euphemia Chatra (PHETRA)

Kemampuan dan bakat yang dimiliki tentunya harus harus ditunjukan, dikembangkan dan digali lagi untuk mencapai sebuah hasil yang diharapkan. Tidak mungkin seseorang bisa menemukan dan menggali kemampuan dan bakat terpendamnya tanpa ada bantuan atau kontribusi dari orang-orang yang ada disekitarnya.

Euphemia Chatra (PHETRA) adalah wadah untuk menampung dan memberi ruang gerak bagi para mahasiswa untuk menyalurkan kemampuan, minat dan bakat Paduan Suara (olah vokal).

Tujuan dari adanya UKM Euphemia Chatra yaitu :

  1. Memberikan ruang ekspresi minat dan bakat dalam bidang Paduan Suara.
  2. Mempersiapkan kader paduan suara di kampus IDB Bali.
  3. Menumbuhkembangkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta rasa berkebangsaan.
  4. Membuat mahasiswa lebih aktif dalam kegiatan di kampus IDB Bali
  5. Mempromosikan kampus Sekolah Tinggi Desain Bali melalui berbagai kegiatan terutama dari Paduan Suara.

Mapala Widya Bhuana

Mapala Widya Bhuana (WB) adalah unit kegiatan mahasiswa di bidang kepecinta alam yang menjadi wadah dan media untuk menampung dan memberi ruang bagi para mahasiswa/i untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam kepecinta alam, khususnya mahasiswa/i IDB Bali dan New Media College. Mapala WB didirikan pada 09 Oktober 2015. Mapala WB memiliki 3 divisi yaitu, divisi humas, pubdok dan dana usaha, divisi hutan gunung, travelling, sport climbing dan olahraga arus deras, dan divisi pengabdian masyarakat lingkup dan SAR.

Mapala WB bertujuan untuk memfasilitasi hobi para mahasiswa/i yang ingin dan peduli dalam hal kepecinta alam, mengedukasi mengenai kegiatan dilingkup kepecinta alam serta memberikan manfaat positif agar lebih peduli dengan lingkungan alam. Membesarkan, memperkenalkan UKM Mapala WB tidak hanya dilingkungan kampus melainkan juga dilingkungan masyarakat luar, dengan menunjukan prestasi, kepedulian lingkungan, dan kegiatan positif lainnya. Selain itu, Mapala WB juga bisa menjadi wadah untuk membangun relasi antar Mapala se-Bali.

Densoft 66

UKM Detachment Spring Airsoft IDB Bali yang selanjutnya disebut DENSOFT 66 adalah salah satu UKM yang mengasah persaudaraan dan kekompakan seluruh anggotanya melalui kegiatan olahraga rekreatif airsoft. Kegiatan UKM Densoft dibawah pembinaan Porgasi Prov. Bali. Kegiatan DENSOFT 66 dilaksanakan melalui olahraga airsoft, dimana anggotanya ditekankan untuk memiliki karakter RSSSF, yaitu :

R-esponsible, dimana dalam memegang dan memiliki airsoft, anggota dituntut untuk memiliki tanggung jawab untuk diri sendiri dan sekitarnya. Oleh karena itu terdapat aturan untuk memiliki airsoft adalah umur diatas 18 th yang pada saat itu dianggap seseorang telah sadar akan artinya suatu tanggung jawab.

S-mart, setiap tindak tunduk dalam memiliki, menggunakan, dan bermain airsoft anggota dituntut untuk bertindak secara cerdas. Tahu bagaimana mesti bertindak, tahu bagaimana cara menghindari dari masalah, dapat menilai apakah tindakan tersebut dapat menyebabkan masalah atau tidak dalam waktu yang singkat.

S-afe, aman dalam hal ini bukan hanya menggunakan google dan rompi ketika bermain tapi lebih pada sikap aman ke diri sendiri dan orang lain. Bisa jadi seseorang aman untuk dirinya sendiri tapi apakah dia aman buat orang lain?

F-un, kesenangan adalah hasil apabila anggota dapat menerapkan ketiga faktor diatas dengan baik, setidaknya tahu benar konsepnya. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari dan permainan menjadi lebih mengasyikkan untuk semua yang terlibat.

Kamala Rajni

Kamala rajni adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang seni tari tradisional. Dimana UKM kami mewadahi mahasiswa yang kreatif, mempunyai hobi dan bakat dalam bidang seni tari khususnya tari Bali agar dapat dikembangkan dan disalurkan sehingga melahirkan prestasi. UKM Kamala rajni sendiri berdiri dan di sahkan tahun 2020 sebagai UKM dibawah naungan kampus, hingga saat ini beranggotakan 22 mahasiswa yang terdiri dari beberapa jurusan dari IDB Bali dan New Media. Kegiatan dari UKM kami diantaranya tampil di berbagai event kampus antara lain, menarikan tari Wicwa Kriya Karmany yang merupakan tari kebesaran kampus pada acara wisuda dan dies natalis, menarikan tarian pembukaan pada acara rapat dan acara- acara lainnya. Kamala Rajni juga melakukan latihan secara rutin untuk mengasah kemampuan mahasiswa.

Obscura

“OBSCURA” merupakan suatu komunitas fotografi dan videografi yang menghubungkan serta mewadahi mahasiswa/i IDB Bali dan New Media bali, yang memiliki kemampuan serta bakat dalam dunia fotografi maupun videografi sebagai salah satu wadah untuk mengekspresikan karva. OBSCURA IDB BALI secara resmi didirikan pada tanggal 01 Desember 2014.

TUJUAN OBSCURA

  1. Mengumpulkan Mahasiswa/i IDB Bali yang memiliki bakat serta kemampuan dalam bidang fotografi dan videografi.
  2. Dapat mengembangkan potensi dari setiap anggota.
  3. Membuka peluang usaha, fotografi dikampus maupun masyarakat.
  4. Melatih Hard skill dan Soft skill sesama anggota.

Thunder Dance

THUNDER terbentuk pada tanggal 15 November 2014 sebagai salah satu sarana mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakat mereka di bidang seni tari modern. THUNDER juga bertujuan untuk mengembangkan bakat – bakat para anggotanya agar dapat semakin berkembang kearah yang lebih baik dan dapat mengharumkan nama IDB Bali melalui prestasi – prestasi yang akan dicapai bersama. Aliran yang ditekuni meliputi K-Pop dance cover dan modern dance. THUNDER aktif sebagai pengisi acara dalam berbagai event internal maupun eksternal kampus, mengikuti berbagai kompetisi, dan menyelenggarakan event workshop dance serta Dance Competition.

Gravity Football Club

Gravity Football Club (GFC) suatu wadah utuk menampung mahasiswa yang mempunyai hobi dan bakat dalam bidang olahraga futsal. Hingga saat ini GFC mempunyai jumlah anggota sebanyak 34 orang, diantaranya pemain aktif dan official yang tergabung dari beberapa jurusan di IDB Bali dan New Media. Didirikan tanggal 20 November 2010, GFC bertujuan untuk mengembangkan potensi dan skill bermain bola para pemain aktif agar bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan melahirkan berbagai prestasi.

PROGRAM KERJA :

  1. Latihan rutin GFC setiap hari minggu
  2. Mengukuti Tournament setiap bulannya
  3. Mengadakan Mini Tournament setiap tahunnya
  4. Mengadakan Tournament cup setiap tahunnya, kompetisi futsal tingkat mahasiswa dan pelajar se-Bali.
  5. Event Nobar
  6. Tournamenr PES

GOAL :

  1. Sebagai tempat sharing dan berkumpulnya mahasiswa dan mahasiswi IDB Bali dan New Media
  2. Mengembangkan skill dan potensi anggota, kemampuan anggota dalam bermain bola
  3. Meningkatkan softskill anggota GFC dalam berorganisasi
  4. Berprestasi dalam berbagai kompetisi yang diikuti

Lontar

UKM Lontar adalah salah satu UKM dalam bidang jurnalistik yang menjadi media untuk menampung berbagai informasi baik lingkup akademik maupun non akademik di lingkungan IDB Bali.

Selain itu UKM ini menjadi bukti eksistensi dari berbagai variasi kompetensi mahasiswa di bidang desain dan teknologi informasi yang disajikan dalam sebuah bentuk desain jurnalistik secara menarik, informatif dan komunikatif.

Tujuan

UKM Jurnalistik ini menjadi salah satu kegiatan yang mampu menjadi wadah apresiasi kreativitas mahasiswa IDB Bali dalam bidang desain dan teknologi informasi, serta wadah mengembangkan bakat dan keahlian mahasiswa baik soft skill maupun hard skill.

Kegiatan

Menciptakan sebuah publikasi yang terdiri dari beberapa kategori, yaitu Main News, Art & Culture, Campus Life, Entertainments, Lifestye, Activities, Technology, Gallery,Profiles dan Reviews ke dalam bentuk desain publikasi cetak dan digital dengan memuat unsur-unsur desain dan teknologi informasi.

Gravity Music Squad (GMS)

Gravity Music Squad (GMS) adalah salah satu wadah untuk menampung kreatifitas & aktifitas mahasiswa dalam bidang musik. Berdasarkan Fungsi dari GMS itulah maka perlu adanya sebuah usaha untuk mengembangkan potensi & kreatifitas yang ada pada anggotanya agar bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan melahirkan prestasi. Kegiatan UKM GMS diantaranya latihan bersama, tampil dalam berbagai event baik di dalam maupun luar kampus, kompetisi music atau band, dsb. GMS memili agenda rutin untuk melaksanakan event music bulanan Saturjam dan event music tahunan, Gravity Music Station.

TUJUAN

Tujuan yang hendak dicapai GMS diantaranya: Mengembangkan potensi setiap anggota GMS, Saling mengakrabkan anggota GMS baik junior ke senior dan sebaliknya, Membangun rasa persaudaraan antara Anggota GMS, Menjadikan GMS sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin menyalurkan Hoby atau Bakatnya di bidang Musik

Perkamen

Biasa disebut Perkamen, yaitu suatu komunitas yang menghubungkan mahasiswa/i IDB Bali yang memiliki kemampuan dan menyukai bidang ilustrasi sebagai salah satu cara menyampaikan cerita/pesan namun tetap menunjukkan sikap menghargai sejarah. Perkamen secara resmi didirikan pada tanggal 16 November 2013. Kegiatan Perkamen meliputi belajar bersama teknik menggambar secara manual/freehand/olahan tangan baik tradisional maupun digital. Perkamen juga rutin menggelar event Creartour yang dilaksnakan setiap tahun dengan rangkaian kegiatan lomba ilustrasi, seminar atau workshop, pameran, juga pementasan. Perkamen juga aktif dalam kegiatan mural dan pernah membuat Mural untuk Kota Denpasar di areal Youth Park Taman Kota Lumnintang, Krisna Eco Park, Pasar Badung, Jimbaran Hub, dll.

Tujuan kegiatan :

  1. Mahasiswa/i IDB Bali yang memiliki kemampuan dan ketertarikan terhadap ilustrasi dapat berkumpul untuk berkarya bersama-sama.
  2. Soft skill setiap anggota dalam berorganisasi dapat berkembang.
  3. Membuat sebuah karya secara bersama-sama berisi pesan yang dapat membangun generasi muda Kota Denpasar menjadi generasi berbudaya.
  4. Meraih prestasi dalam berbagai kompetisi menggambar

Teater Biru Jingga

Teater Biru Jingga merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Insitut Desain dan Bisnis Bali. Teater Biru Jingga merupakan wadah bagi para mahasiswa/i untuk menyalurkan bakat maupun hobi mereka dalam dunia seni peran dan juga teater. Konsep yang biasanya dibawakan dalam pementasan kami adalah Operet ataupun Pantoret ( gabungan dari Pantomime dan Operet ).

Teater Biru Jingga biasanya mengadakan pelatihan rutin seminggu sekali, dimana pelatihan tersebut berkaitan dengan bagaimana kami meningkatkan kemampuan kami dalam hal seni peran. Tidak hanya tentang peran, disini kami biasanya juga mempelajari tentang pembuatan naskah, scenario, dialog, emosi, serta proses pembuatan dari pementasan itu sendiri. Di Teater Biru Jingga, kami diajarkan untuk selalu bertanggung jawab, disiplin, saling menghargai, dan juga tekun.

Goldmonk Yoga

Goldmonk Yoga akan menganjarkan anda untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran dan jiwa anda sehingga dapat hidup dengan tenang, bergairah, harmony, sehat dan awet muda.

Goldmonk Yoga akan memberikan tempat untuk bernafas lebih dalam, memperkuat dan memperbaharui tubuh, serta membangun spirit kita. Yoga dapat membantu membalikkan proses penuaan dengan cara meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki organ tubuh bagian dalam dan sel-sel, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, dan meningkatkan keharmonisan. Bernafas dengan dalam pada postur tertentu akan berpengaruh pada sistem syaraf dan hati kita.

Goldmonk Yoga juga dapat melemaskan otot-otot yang kaku, meningkatkan energi dan sirkulasi, menambah tenaga dan mempercantik kulit. Pada bagian yang lebih dalam, yoga dapat memberikan kita kemampuan untuk memberi dan menerima.

Bluerange E-Sport

UKM Bluerange E-Sport merupakan salah satu UKM dalam bidang olahraga elektronik atau biasa dikenal dengan E-Sport (Electronic Sport) yang dapat menjadi wadah bagi Mahasiswa IDB Bali dan New Media College untuk menyalurkan bakat mereka dalam dunia E-Sport.

TUJUAN

Memunculkan jiwa berkompetensi, mengembangkan dan mengasah kemampuan berkomunikasi dan kerja sama yang baik, serta memperkuat mental di dalam sebuah tim yang kompak dan solid.

KEGIATAN

UKM Bluerange E-Sport setiap harinya melakukan latihan rutin dimana para pemain melatih kemampuan mereka baik daring maupun tatap muka dalam berkomunikasi dan berkerjasama yang baik serta memperkuat mental dalam sebuah tim yang kompak dan solid untuk bisa memberikan performa yang baik dalam turnamen atau perlombaan yang diikuti dalam skala lokal hingga nasional.