/
Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual

Kuliah Desain Komunikasi Visual di IDB Bali mempelajari ilmu perancangan tentang desain berbasiskan penelitian, apresiasi budaya dan penguasaan terhadap teknologi desain. Jurusan ini lebih mengembangkan bentuk komunikasi melalui visual gambar yang informatif, komunikatif, dan tentu saja disesuaikan dengan kualitas standar industri kreatif. Prodi DKV di IDB Bali memiliki kelebihan dengan mengkolaborasikan teknologi dan bisnis, tidak hanya belajar desain dari sudut pandang filosofi budayanya saja. 

Kompetensi Keahlian

Periklanan

Mahasiswa akan mempelajari mengenai pemasaran iklan, daya tarik iklan, jenis iklan dan medianya untuk dapat menciptakan iklan yang kreatif dari segi pesan dan estetis secara visual.

Animasi

Peminatan yang akan memberikanmu skill dalam bidang animasi 2D dan 3D yang pasti mencetakmu menjadi seorang animator handal.

Videografi

Mahasiswa diajarkan memahami konsep pembuatan video iklan, video klip, hingga film pendek yang disesuaikan untuk kebutuhan industri kreatif.

Fotografi

Mengajarkan mahasiswa dalam mempertajam eksplorasi, observasi, dan teknik pemotretan yang mampu meningkatkan kompetensi keahlian baik dalam ranah jurnalistik, komersial, ataupun seni. 

Bisnis Multimedia

Mahasiswa akan diajarkan untuk memahami bagaimana menciptakan sebuah bisnis dan menghidupkannya dengan Digital Marketing yang berbasiskan Desain Komunikasi Visual.

UI/UX

Sebuah peminatan yang hanya ada di IDB Bali, membantu mahasiswa untuk dapat mengembangkan sebuah brand dengan metode analisis experience dan interface sehingga memenuhi kebutuhan-kebutuhan penggunanya/konsumen.

Kompetensi Lulusan

Design Consultant
Graphic Designer 
Digital Business Consultant 
Art Director 
Entrepreneur 
Animator
Producer and Movie Director
Professional Photographer and Videographer
Digital Marketer
Copywriter
Music Video Production dan Content Creator
UI/UX Designer

Testimoni Mahasiswa

  • mahasiswa-dea

    Dea Andani

    Saya memilih DKV IDB Bali karena memiliki reputasi yang luar biasa dalam bidang desain dan bisnis yang berbasis teknologi. Selain belajar desain dalam segi filosofi budayanya, di sini saya belajar menciptakan karya desain yang memiliki value ekonomi yang dapat dikembangkan menjadi bisnis di industri kreatif.

VISI

Menjadi program studi Desain Komunikasi Visual berbasis teknologi yang berkualitas dan terpercaya dengan mengedepankan kearifan lokal melalui konsep ’designer as thinkers’ sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional di tahun 2032.

MISI

01.

Menyelenggarakan Program Studi Desain Komunikasi Visual yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni dan desain komunikasi visual, sekaligus pembaharu pendidikan seni dan desain di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. 

02.

Menyelenggarakan Program Studi Desain Komunikasi Visual sebagai salah satu unggulan pendidikan tinggi seni dan desain yang menghasilkan lulusan yang profesional, memiliki kreativitas tinggi, mandiri, siap berwirausaha dan berdaya saing di bidang industri kreatif dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. 

03.

Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan pola berpikir desain, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara terpadu, terukur dan produktif setiap tahunnya. 

04.

Menyelenggarakan Program Studi Desain Komunikasi Visual dengan tata kelola yang baik (Good University Governance) dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. 

05.

Menyelenggarakan Program Desain Komunikasi Visual yang mengedepankan pola ’Design Thinking’ dengan jalan membangun pondasi penelitian yang kuat dalam perancangan. 

06.

Meningkatkan kualitas pembelajaran yang mengutamakan apresiasi budaya baik lokal maupun nasional serta penguasaan teknologi desain disesuaikan dengan standar kualitas industri kreatif.  

Ingin kuliah di Institut Desain dan Bisnis Bali? Segera daftar melalui dengan klik link Pendaftaran Online di https://pmb.idbbali.ac.id/ atau melihat Info Pendaftaran.

Tahun Pertama

Mahasiswa akan memulai pendidikan dengan lima mata pelajaran dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki, tidak hanya itu namun mahasiswa juga sudah mulai diperkenalkan pada elemen maupun karakter dalam desain komunikasi visual dan melengkapinya dengan studi pengantar untuk menambah wawasan secara umum.  

Tahun Kedua 

Komponen utama dalam tahun ini mahasiswa akan belajar mengenai animasi, ilustrasi dan vector yang dipadukan dengan seni budaya, metode dan praktiknya melalui proyek dan teori yang ditetapkan. Selama masa pembelajaran mahasiswa akan berlangsung di studio dan lab yang ada di IDB Bali. 

Tahun Ketiga 

Mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran secara detail mengenai desain dan dipadukan dengan pemasaran baik menentukan konsep, isi dari iklan hingga copywriting. Selain itu terdapat 3 peminatan yang ditawarkan dan mahasiswa dapat memilih salah satunya, peminatan ini akan menjadi langkah dalam mengembangkan hal yang ingin dikuasai dan minat mahasiswa.  

Tahun Keempat

Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk bekerja secara langsung pada industri yang sesuai dengan penekanan pada desain komunikasi visual. Setelah itu akan fokus pada tugas akhir sebagai bentuk penerapan pembelajaran mahasiswa dalam konteks dunia nyata, mengerjakan masalah berbasis industri dan menghasilkan hasil yang berdampak dan relevan. 

  • rama

    Dr. Ramanda Dimas Surya Dinata, S.Sn., M.Sn.

    Menempuh pendidikan doktoral dibidang konsentrasi fotografi beliau juga tenaga professional dibidang desain. Pengalaman lebih dari 15 tahun dibidangnya mampu memberi pengembangan tidak hanya secara akademis namun juga secara profesional industri kreatif.

  • arini

    Made Arini Hanindharputri, S.Sn., M.Sn., ACA.

    Berpengalaman sebagai akademisi lebih dari 10 tahun dan juga menjadi praktisi di bidang desain, tipografi dan ilustrasi secara profesional. Saat ini juga aktif dalam asosiasi ADIGIMIND, AIDIA dan Gekrafs Bali untuk mendukung industri kreatif yang diterapkan pada proses pembelajaran.

  • yudha

    Gede Yudha Pratama, S.Ds., M.Ds.

    Beliau memperoleh gelar Sarjana Desain Komunikasi Visual dari salah satu PTS di Kota Surabaya, dan meraih gelar Master of Design dari salah satu PTS di Kota Bandung sebagai lulusan terbaik Pascasarjana kala itu. Dengan berbekal substansi akademik linieritas dan pengalaman dibidang praktisi desain telah mampu membangun kreativitas para mahasiswa DKV IDB Bali untuk dapat merancang dan menciptakan berbagai mahakarya yang luar biasa.

Artland Indonesia
Mave Magazine
Ted Studios
Brown Bag Films
Badan Kreatif Kota Denpasar
Garasi Food
PT Bino Mitra Sejati
TVRI Bali
BDI Denpasar

DKV Terkini

Pendaftaran Online

Ayo Gabung Jadi Mahasiswa IDB Bali Sekarang!

Siap melangkah kedepan untuk karirmu selanjutnya?

Program Studi

Desain Komunikasi Visual

Prodi ini mempelajari ilmu perancangan tentang desain berbasiskan penelitian, apresiasi budaya dan penguasaan terhadap teknologi desain. Jurusan ini lebih mengembangkan bentuk komunikasi melalui visual gambar yang informatif, komunikatif, dan tentu saja disesuaikan dengan kualitas standar industri kreatif. Prodi DKV di IDB Bali memiliki kelebihan dengan mengkolaborasikan teknologi dan bisnis, tidak...

Baca Selengkapnya >

Desain Interior

Sebuah cabang keilmuan desain yang terintegrasi dengan multi-disiplin lainnya (seperti arsitektur, lingkungan, teknologi, psikologi, hingga sosial budaya dan ekonomi) dan digunakan untuk menciptakan perancangan ruang dalam yang mempertimbangkan segala prinsip dan aspek desain dalam mencapai kepuasan pengguna sesuai dengan aktivitas di dalamnya. Melalui pendekatan Integrated Curriculum, mahasiswa Program Studi Desain...

Baca Selengkapnya >
Prodi Jurusan Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali

Bisnis Digital

Mengajarkan tentang bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk hingga pemasarannya. Penjualan atau pemasaran produk dilakukan secara online melalui media digital seperti sosial media serta e-commerce yang akan kamu pelajari. Kamu akan ahli dalam menggunakan platform digital untuk memajukan bisnis.

Baca Selengkapnya >

Desain Mode

Mendidik dan menyiapkan mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri, kompeten, kreatif, dan inovatif serta update dalam perkembangan teknologi dan industri.  Mahasiswa tidak hanya belajar merancang desain busana dan menguasai teknik namun juga dibekali dengan pengetahuan pengembangan bisnis guna menyiapkan lulusan yang siap untuk bersaing secara global di industri fashion.

Baca Selengkapnya >

Manajemen

Manajemen yang ada di IDB Bali hadir dengan menawarkan sebuah hal baru. Mencakup perancangan dan pengelolaan aktivitas dan sumber daya manusia, keuangan, operasional, pemasaran, dan aspek teknologi. Mahasiswa akan memiliki kompetensi, keterampilan, kreatifitas, dan inovasi dalam membangun bisnis atau cara mengurus (to manage) sebuah perusahaan/organisasi.

Baca Selengkapnya >

Sistem dan Teknologi Informasi

Gabungan dari keilmuan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, di prodi ini akan belajar menganalisis permasalahan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Pada keilmuan ini kita juga akan belajar banyak tentang ilmu manajemen bisnis, dasar teknik elektro, sampai dengan nilai sosial ekonomi. Manajemen dan manajerial suatu organisasi dapat dipandang dari sisi IT,...

Baca Selengkapnya >