/
Desain Mode

Desain Mode

Kuliah Desain Mode / Fashion Design di IDB Bali mendidik dan menyiapkan mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri, kompeten, kreatif, dan inovatif serta update dalam perkembangan teknologi dan industri.  Mahasiswa tidak hanya belajar merancang desain busana dan menguasai teknik namun juga dibekali dengan pengetahuan pengembangan bisnis guna menyiapkan lulusan yang siap untuk bersaing secara global di industri fashion.

Kompetensi Keahlian

Desain Produk Fashion

Peminatan ini akan mengajarkan mahasiswa mengenai proses penciptaan semua jenis produk fashion yang mulai dari konsep, pengembangan desain, pemilihan bahan, teknik produksi hingga perwujudan produk dan pengembangan brand.

Fashion Merchandise

Mahasiswa yang memilih peminatan ini akan dibimbing untuk membuat sebuah brand dan konsep bisnis serta strategi pemasaran produk fashion.

Kompetensi Lulusan

Fashion Designer
Fashion Stylist
Fashion Illustrator
Pattern Designer
Textile designer
Convection Owner
Boutique Owner
Fashion Distributor

Testimoni Mahasiswa

  • mahasiswa-yawen

    Ancilla Yawen Hantanain

    Selama masa kuliah di IDB Bali saya tidak hanya belajar untuk menjahit namun juga mempelajari konsep, pengembangan desain, pemilihan bahan, teknik produksi hingga perwujudan produk. Saya bisa menciptakan design untuk professional client seperti pembuatan uniform untuk The Apurva Kempinski dan mendapatkan feedback. Senang bisa belajar di IDB Bali karena tidak hanya mendapatkan teori namun juga praktik.

VISI

Visi program studi adalah Menjadi Program Studi Desain Mode Yang Unggul dan kompetitif dalam memajukan Bisnis dan Industri Kreatif tingkat nasional maupun internasional dengan mengangkat budaya lokal diajang global hingga tahun 2038.

MISI

01.

Menyajikan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan industri kreatif  dan teknologi software di bidang Desain Mode yang sedang berkembang. 

02.

Mewujudkan pendidikan Desain Mode dengan tetap mengacu pada nilai-nilai kearifan lokal Indonesia, dengan tetap memperhatikan standar internasional. 

03.

Menghasilkan lulusan Sarjana Desain Mode yang unggul dengan menitik beratkan pada pendidikan melaui pembelajaran yang kreatif dan mandiri, kemampuan dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan penggunaan teknologi komputer sebagai pendukung dalam usaha percepatan pematangan kemampuan mahasiswa.

04.

Mewujudkan  lulusan Desain Mode yang kompetitif  melalui lulusan yang produktif, kreatif dan profesional dalam perancangan desain mode dan dapat menerapkan ilmunya secara langsung  untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. 

05.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan baik ketrampilan berkarya, penelitian maupun sikap mental keprofesian sebagai bekal dalam menghadapi tantangan profesi di masa depan (MEA, AFTA, dll).

Ingin kuliah di Institut Desain dan Bisnis Bali? Segera daftar melalui dengan klik link Pendaftaran Online di https://pmb.idbbali.ac.id/ atau melihat Info Pendaftaran.

Tahun Pertama

Mahasiswa akan memulai pendidikan dengan dua mata pelajaran dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki, tidak hanya itu namun mahasiswa juga sudah mulai diperkenalkan pada elemen maupun karakter dalam desain mode dan melengkapinya dengan studi pengantar untuk menambah wawasan secara umum. 

Tahun Kedua 

Mahasiswa akan fokus secara praktik, teori, dan teknis yang dirancang untuk membangun keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam desain mode. Dengan fokus pada industry, bidang terkait, dan pasar yang sedang berkembang IDB Bali dikenal sebagai penghasil praktisi penghasil perancang busana yang unik. Selama masa pembelajaran mahasiswa akan berlangsung di studio dan lab yang ada di IDB Bali.

Tahun Ketiga 

Mendapatkan pembelajaran secara detail mengenai desain, dipadukan dengan etika dan kewirausahaan agar mahasiswa dapat memiliki wawasan dalam membuat perencanaan bisnis. Pada tahun ini mahasiswa akan mempelajari desain mode dalam konteks dunia nyata. Mahasiswa dapat secara langsung bekerja di industri yang sesuai dengan penekanan pada desain mode. Mahasiswa dapat menyempurnakan portofolio dan keterampilan komunikasi untuk menunjukkan pengetahuan, kemampuan, dan pemikiran desain fashion terbaik kepada industri. 

Tahun Keempat

Terdapat 3 peminatan yang ditawarkan dan mahasiswa dapat memilih salah satunya, peminatan ini akan menjadi langkah dalam mengembangkan hal yang ingin dikuasai dan minat mahasiswa. Selain itu mahasiswa akan mendapatkan seminar mengenai desain mode untuk menunjang pengetahuan. Mahasiswa juga akan fokus pada tugas akhir sebagai bentuk penerapan pembelajaran mahasiswa dalam konteks dunia nyata, mengerjakan masalah berbasis industri dan menghasilkan hasil yang berdampak dan relevan. 

  • utami

    Sri Utami, S.Sn., M.Sn.

    Kaprodi Desain Mode yang menempuh pendidikan S1 & S2 di ISI Yogyakarya dengan peminatan Kriya Tekstil dan sebagai dosen tetap selama 5 tahun dalam bidang fashion design di IDB Bali. Beliau juga sukses merintis bisnis di bidang garment dan fashion ritel.

  • vita

    Vita Wulansari, S.Tr.Ds., M.Sn.

    Dosen Desain Mode yang menempuh pendidikan S1 & S2 di ISI Denpasar dengan peminatan (S1) Desain Mode & (S2) Penciptaan Seni Desain mode dan telah menjadi dosen IDB Bali sejak pertama kali Prodi Desain Mode lahir yaitu tahun 2019. Selain menjadi dosen, beliau juga aktif dalam bidang kesenian yaitu mengikuti pameran-pameran baik itu bidang seni maupun fashion, Freelance Fashion Designer dan merintis usaha Bisnis Fashion-Aksesoris Fashion.

  • wiweka

    Pande Putu Wiweka Ari Dewanti, S.Tr.Ds., M.Sn.

    Beliau merupakan dosen desain mode yg menempuh pendidikan S1 dan S2 di ISI Denpasar dengan jurusan penciptaan desain mode, telah menjadi pengajar di IDB bali sejak tahun 2019. Selain itu beliau juga menjadi instruktur privat pola dan sedang merintis bisnis kecil-kecilan di bidang fashion.

CV. Ali Charisma
Indonesian Fashion Chamber
Wardah Cosmetics
Fashion Hotel
CV Bintang Asmara Mahardika
CV Tarum Bali Sejahtera
Dwico Fashion
Oerip Indonesia

IDB Fashion News

Pendaftaran Online

Ayo Gabung Jadi Mahasiswa IDB Bali Sekarang!

Siap melangkah kedepan untuk karirmu selanjutnya?

Program Studi

Desain Komunikasi Visual

Prodi ini mempelajari ilmu perancangan tentang desain berbasiskan penelitian, apresiasi budaya dan penguasaan terhadap teknologi desain. Jurusan ini lebih mengembangkan bentuk komunikasi melalui visual gambar yang informatif, komunikatif, dan tentu saja disesuaikan dengan kualitas standar industri kreatif. Prodi DKV di IDB Bali memiliki kelebihan dengan mengkolaborasikan teknologi dan bisnis, tidak...

Baca Selengkapnya >

Desain Interior

Sebuah cabang keilmuan desain yang terintegrasi dengan multi-disiplin lainnya (seperti arsitektur, lingkungan, teknologi, psikologi, hingga sosial budaya dan ekonomi) dan digunakan untuk menciptakan perancangan ruang dalam yang mempertimbangkan segala prinsip dan aspek desain dalam mencapai kepuasan pengguna sesuai dengan aktivitas di dalamnya. Melalui pendekatan Integrated Curriculum, mahasiswa Program Studi Desain...

Baca Selengkapnya >
Prodi Jurusan Bisnis Digital Institut Desain dan Bisnis Bali

Bisnis Digital

Mengajarkan tentang bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk hingga pemasarannya. Penjualan atau pemasaran produk dilakukan secara online melalui media digital seperti sosial media serta e-commerce yang akan kamu pelajari. Kamu akan ahli dalam menggunakan platform digital untuk memajukan bisnis.

Baca Selengkapnya >

Desain Mode

Mendidik dan menyiapkan mahasiswa menjadi pribadi yang mandiri, kompeten, kreatif, dan inovatif serta update dalam perkembangan teknologi dan industri.  Mahasiswa tidak hanya belajar merancang desain busana dan menguasai teknik namun juga dibekali dengan pengetahuan pengembangan bisnis guna menyiapkan lulusan yang siap untuk bersaing secara global di industri fashion.

Baca Selengkapnya >

Manajemen

Manajemen yang ada di IDB Bali hadir dengan menawarkan sebuah hal baru. Mencakup perancangan dan pengelolaan aktivitas dan sumber daya manusia, keuangan, operasional, pemasaran, dan aspek teknologi. Mahasiswa akan memiliki kompetensi, keterampilan, kreatifitas, dan inovasi dalam membangun bisnis atau cara mengurus (to manage) sebuah perusahaan/organisasi.

Baca Selengkapnya >

Sistem dan Teknologi Informasi

Gabungan dari keilmuan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, di prodi ini akan belajar menganalisis permasalahan pada sebuah perusahaan atau organisasi. Pada keilmuan ini kita juga akan belajar banyak tentang ilmu manajemen bisnis, dasar teknik elektro, sampai dengan nilai sosial ekonomi. Manajemen dan manajerial suatu organisasi dapat dipandang dari sisi IT,...

Baca Selengkapnya >