Sel | 28 Nov 2023 |
Indonesian ID English EN
Sekilas Kampus

Kampus Desain dan Bisnis
Terbaik di Bali

Putar Video

Melihat kenyataan, bahwa sejumlah Sarjana dan Ahli Madya yang menganggur semakin meningkat dari tahun ke tahun, serta untuk mengantisipasi sedini mungkin setiap perubahan yang timbul akibat era globalisasi, maka lembaga pendidikan dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang tepat guna, memiliki kualifikasi keahlian, dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Lembaga pendidikan yang tidak tanggap dengan perkembangan yang sangat cepat di sektor industri, perdagangan dan jasa dewasa ini, hanya akan menghasilkan lulusan yang tidak siap pakai, baik dari segi pengetahuan, ketrampilan maupun kesiapan mentalnya.

Rapat kerja kurikulum nasional bidang desain menyimpulkan bahwa terdapat empat hal pokok yang diperlukan lembaga pendidikan tinggi untuk penyiapan tenaga terampil yang siap pakai. Pertama, kurikulum pendidikan yang tepat untuk setiap kualifikasi yang ditargetkan. Dalam hal ini perbandingan prosentase mata kuliah praktek dan teori akan sangat menentukan kualifikasi keahlian lulusannya. Disamping itu juga jenis mata kuliah, jumlah sks, sebaran dan course content nya, juga perlu mendapat perencanaan yang sangat cermat. Kedua, kemampuan sumber daya manusia. Harus ada komposisi yang seimbang antara akademik dan praktik handal. Ketiga, tersedianya fasilitas pendidikan yang cukup yang haruslah mutakhir dalam bidang desain. Keempat, kesempatan untuk mengadakan latihan kerja, workshop, kerja praktek, kunjungan dan lain-lain yang cukup, untuk mendekatkan hubungan lembaga pendidikan sebagai pemasok tenaga kerja dengan lembaga penerima kerja.Berdasarkan sejumlah lulusan perguruan tinggi yang menganggur dan semakin meningkat dari tahun ke tahun, demi mengantisipasi sedini mungkin setiap perubahan yang timbul akibat era globalisasi, usaha IDB Bali di sektor pendidikan dan masa depan yang lebih baik. Maka, IDB Bali berkomitmen untuk menciptakan generasi yang maju dan ahli dalam bidang desain dan bisnis.IDB Bali memiliki pedoman untuk terlaksananya komitmen tersebut:
  • BRILIANT

    Menciptakan ide atau peluang yang inovatif dengan memaksimalkan sumber daya secara kreatif untuk dapat bersaing di dunia modern.

  • EXCELLENCY

    Meningkatkan hasil yang berkualitas tinggi dan unggul dalam segala pekerjaan kami.

  • STRONG IN DESIGN & BUSINESS

    Selalu memperkuat pengembangan teknologi dan fasilitas yang selalu canggih dan terkini, sebagai penunjang pengalaman dan kesempatan belajar mengajar yang lebih baik.

  • TEAMWORK

    Mementingkan hubungan kerja yang efektif, efisien dan mendukung satu sama lain.

Sejarah IDB Bali

2013
Berdirinya Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali di bawah Yayasan Pendidikan Putra Indonesia Yogyakarta (sering disingkat Yappindo-Yo), dimulai dengan program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior.
2019
Program Desain Mode berdiri.
2020
Mengalami Perubahan bentuk STD Bali menjadi Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali dengan tambahan program studi Bisnis Digital.
2022
Program Manajemen dan Sistem & Teknologi Informasi berdiri.

Visi IDB Bali

Institut Desain dan Bisnis Bali memiliki visi yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dan terpercaya dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan profesional melalui ilmu pengetahuan, kreativitas dan pengembangan Desain dan Bisnis berbasis teknologi hingga tahun 2040.

Misi IDB Bali

01.

Menyelenggarakan Perguruan Tinggi yang memiliki kemampuan dan kapasitas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kreativitas yang tinggi, sekaligus pembawa inovasi pendidikan dalam bidang desain dan bisnis berbasis teknologi di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

02.

Menyelenggarakan Perguruan Tinggi sebagai salah satu pendidikan tinggi yang unggul di bidang desain dan bisnis berbasis teknologi dengan menghasilkan lulusan yang profesional, berkreativitas tinggi, mandiri, berjiwa entrepreneur dan memiliki daya saing di bidang industri kreatif dalam kurun waktu 15 tahun ke depan.

03.

Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara terpadu, terukur dan produktif setiap tahunnya.

04.

Menyelenggarakan Perguruan Tinggi dengan tata kelola yang baik (Good University Governance) setiap tahunnya.

Pendaftaran Online

Ayo Gabung Jadi Mahasiswa IDB Bali Sekarang!

Siap melangkah kedepan untuk karirmu selanjutnya?