Kam | 29 Feb 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Ciptakan Brand Fashion Sustainability, 4 Mahasiswa IDB Bali Raih Juara 1 KMI EXPO bersaing dengan 400 tim Perguruan Tinggi se-Indonesia

Ciptakan Brand Fashion Sustainability, 4 Mahasiswa IDB Bali Raih Juara 1 KMI EXPO bersaing dengan 400 tim Perguruan Tinggi se-Indonesia

Keberhasilan mahasiswa Institut Desain dan Bisnis Bali kembali mencuri perhatian. 4 mahasiswa IDB Bali berhasil meraih prestasi gemilang setelah lolos sebagai penerima bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Keempat mahasiswa Institut Desain dan Bisnis Bali yang berasal dari program studi yang berbeda, bernama Gede Eri Sumantara dari program studi Desain Komunikasi Visual, Elizabeth Angelina dari program studi Desain Mode, Jashinta Philasti Putri Haryadi dari program studi Desain Komunikasi Visual, dan Ni Putu Anggita Okta Pramesti dari program studi Desain Mode yang tergabung dalam tim Nool, sukses menciptakan terobosan di dunia fashion dengan memanfaatkan bahan daur ulang dan membawa pulang piala sebagai Juara 1.

Nool, sebuah brand fashion yang menjadi karya mereka, menawarkan produk unik berupa card holder dan tas yang terbuat dari bahan daur ulang, seperti limbah kantong plastik dan kain perca. Inovasi ini tak hanya menunjukkan kepiawaian mereka dalam merancang, tetapi juga mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan kreativitas tinggi, mereka berhasil mengubah limbah menjadi produk fashion yang menarik.

Prestasi mahasiswa IDB Bali ini tak berhenti di situ. Setelah lolos sebagai penerima bantuan P2MW, mereka kemudian mendapat bimbingan intensif dari Inkubator Bisnis IDB Bali. Dukungan ini memberikan mereka landasan yang kuat untuk mengembangkan Nool menjadi sebuah bisnis yang solid dan berkelanjutan.

Atas kerja keras dan semangat keempat mahasiswa ini terpilih untuk berpartisipasi dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO 2023 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi di Universitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 14-17 November 2023. Sebanyak ± 400 brand dari ± 250 perguruan tinggi di Indonesia turut serta dalam pameran ini, menjadikan persaingan semakin ketat dari juri yang berasal dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA).

Dalam pameran tersebut, Nool menampilkan produk unggulannya yang ramah lingkungan dan penuh gaya. Dengan desain yang menarik dan konsep yang unik, mereka berhasil menarik perhatian pengunjung dan juri. Semua persiapan matang dan kerja keras mereka sebelumnya tampaknya membuahkan hasil. Keempat mahasiswa ini berhasil membawa pulang piala bergengsi sebagai juara 1 dalam kategori fashion.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi pencapaian bagi Nool, tetapi juga mengukuhkan posisi IDB Bali sebagai lembaga pendidikan yang mampu melahirkan mahasiswa berprestasi dan berinovasi. “Kami bangga melihat mahasiswa kami tidak hanya memiliki keahlian di bidang desain dan bisnis, tetapi juga memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi,” ujar Rektor IDB Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I.Kom., M.M.

Ketua Tim Nool, Gede Eri Sumantara, menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya atas prestasi yang diraih timnya. “Kami berusaha menggabungkan kreatifitas dengan tanggung jawab sosial. Dengan Nool, kami ingin memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus menginspirasi orang untuk lebih peduli terhadap limbah plastik,” ungkap Gede Eri.

Keberhasilan Nool juga menciptakan peluang baru bagi mereka. Dalam beberapa bulan terakhir, permintaan terhadap produk Nool meningkat pesat, tidak hanya dari kalangan mahasiswa, tetapi juga dari masyarakat umum. Hal ini membuktikan bahwa inovasi yang mereka bawa bukan hanya tren sesaat, tetapi juga memiliki potensi pasar yang besar.

Prestasi Nool menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain di IDB Bali dan perguruan tinggi lainnya. Keberanian untuk berinovasi, kombinasi antara kekreatifan dan tanggung jawab sosial, serta semangat kewirausahaan adalah kunci keberhasilan yang dapat diikuti oleh generasi mahasiswa mendatang.

Sebagai mahasiswa yang berhasil meraih piala bergengsi, Nool membuktikan bahwa inovasi dan keberlanjutan dapat bersatu dalam sebuah bisnis. Ke depannya, diharapkan keberhasilan Nool dapat menjadi inspirasi bagi perubahan positif dalam industri fashion dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

IDB Bali
Create Your Own Creative Journey

Informasi Pendaftaran

Bagikan Artikel