Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Penuh Antusias! Traditional Activity Summer School IDB Bali 2023, Diikuti Mahasiswa Berbagai Macam Negara

Penuh Antusias! Traditional Activity Summer School IDB Bali 2023, Diikuti Mahasiswa Berbagai Macam Negara

Pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 Summer School IDB Bali telah melaksanakan kegiatan “Traditional Activity” pada Winter Class. Kegiatan ini adalah program dari “Summer School IDB Bali” yang sudah berlangsung sejak tahun 2017. Traditional Activity ini berlangsung di halaman kampus IDB Bali dari pukul 09.00 – 13.00 WITA.

Kegiatan Traditional activity yang diikuti oleh 23 peserta Winter Class ini adalah kegiatan tradisional Bali yang sudah biasa dilaksanakan sehari-hari atau pada rerahinan oleh masyarakat yang ada Bali. Terlihat para peserta Winter Class sangat menikmati proses kegiatan ini, yang dimana mereka tentunya akan belajar hal baru dan menarik. Selain itu, mereka akan mendapat pengalaman baru.

Para pesera dari Winter Class ini merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara, mereka berasal dari Jerman, Rusia, United Kingdom, USA, Brazil, India, Colombia, dan Slovenia.

Pada kesempatan kali ini, IDB Bali mengajak peserta Winter Class untuk mengikuti Traditional Activity yang dimana akan memperkenalkan kegiatan tradisional yang ada di Bali, seperti membuat penjor, canang, dan gebogan, kegiatan ini dibimbing langsung oleh para staff di IDB Bali.

Rangkaian Aktivitas Tradisional Summer School IDB Bali

Kegiatan ini sangat menarik bagi peserta Winter Class, dimulai dari belajar membuat penjor, bagaimana tahap-tahapannya, tata cara pemasangan komponennya, hingga penjor itu berdiri .Sama halnya dengan cara membuat canang, dimulai dari merakit janur menjadi sebuah canang dan kemudian diisi bunga, lanjut dengan membuat gebogan, gebogan adalah banten yang menggunakan dulang, para peserta akan diajarkan cara meletakkan buah agar gebogan bisa seimbang dan terlihat bagus. Selain mereka belajar dari kegiatan tersebut, mereka juga akan menambah wawasan dan edukasi tentang tradisi yang ada di Bali.

Selain kegiatan di atas, ada juga kegiatan yang tidak kalah seru dan menarik, yaitu kegiatan “Menarikan Tari Tradisional Bali” sebagaimana yang kita ketahui tarian Bali ini sering kali dipertunjukkan di Pura atau dipentaskan sebagai kegiatan seni di Bali.  Kegiatan inipun dipandu langsung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kamala Rajni, Unit Kegiatan Mahasiswa ini adalah UKM Seni Tari yang ada di IDB Bali. Kegiatan ini juga tidak kalah seru dengan kegiatan sebelumnya, yang dimana akan mengenalkan beberapa tari tradisional yang ada di Bali. Para peserta Winter School akan mencoba belajar memperagakan beberapa tarian tradisional Bali.

Semoga dengan adanya Program Summer School kegiatan Traditional Activity yang dilaksanakan di IDB Bali ini diharapkan dapat melestarikan kegiatan tradisional dan tarian tradisional kita di Bali .

Pengambilan dokumentasi dari Traditional Activity yang dilaksanakan di IDB Bali ini diambil oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Obscura IDB Bali. UKM ini adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang mempelajarai tentang kamera dan biasanya diminta bantuan oleh kampus untuk dokumentasi kegiatan kampus di IDB Bali.

Bagikan Artikel