Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Kreatif dan Inovatif! Program Studi Bisnis Digital IDB Bali Meningkatkan Wawasan Mahasiswa Tentang Perlindungan Data Melalui Program Kunjungan Industri 2023

Kreatif dan Inovatif! Program Studi Bisnis Digital IDB Bali Meningkatkan Wawasan Mahasiswa Tentang Perlindungan Data Melalui Program Kunjungan Industri 2023

Program studi Bisnis Digital di IDB Bali tidak hanya sekadar belajar di kampus, namun juga terus berupaya untuk menghadirkan persiapan nyata dengan menjalin kolaborasi dengan para pakar industri di bidangnya. Salah satu kolaborasi terbaru yang dilakukan oleh Bisnis Digital IDB Bali adalah dengan Gerbang PDP Indonesia, dalam kunjungan dan seminar tentang sekuriti data, yang mempersiapkan mahasiswa/i untuk mengambil porsi profesi sebagai Petugas Perlindungan Data Pribadi (PPDP).

PPDP ini adalah profesi yang ada dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengelola kebijakan perlindungan data pribadi; di luar negeri PPDP ini disebut dengan profesi DPO (Data Protection Officer), yang bertindak sebagai penghubung antara organisasi, individu yang terkait dengan data pribadi, dan otoritas pengawas perlindungan data. Jadi tugas utama seorang PPDP atau DPO adalah memastikan kepatuhan organisasi terhadap peraturan perlindungan data.

Selain itu, PPDP memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa data pribadi dikumpulkan dan diproses secara sah, bahwa individu memiliki hak dan kendali atas data mereka, dan bahwa tindakan keamanan yang diperlukan telah diimplementasikan untuk melindungi data dari akses yang tidak sah atau penyalahgunaan. Selain itu, PPDP juga berperan dalam mengoordinasikan respons terhadap pelanggaran data, baik dalam hal komunikasi kepada individu yang terkena dampak maupun dalam melaporkan pelanggaran tersebut kepada otoritas pengawas. Mereka juga dapat memberikan pelatihan kepada karyawan terkait praktik pengelolaan data yang aman dan kepatuhan terhadap peraturan perlindungan data.

“Sekuriti data memiliki peranan penting dalam melindungi informasi sensitif, mencegah akses yang tidak sah, menjaga privasi pengguna, menghindari kerugian finansial, mematuhi peraturan, membangun kepercayaan pelanggan, menjaga reputasi perusahaan, mengurangi risiko pelanggaran data, dan menjaga kontinuitas bisnis melalui perlindungan terhadap serangan dan kehilangan data yang tidak diinginkan; itulah sebabnya istilah ‘the sexiest new job in the 21st century’ muncul,” ungkap Bapak James Darmawan, Kaprodi Bisnis Digital IDB Bali, yang mengorganisir program kolaborasi ini.

Keberadaan PPDP menunjukkan komitmen organisasi terhadap privasi dan perlindungan data pribadi. Dengan adanya PPDP, organisasi dapat memastikan bahwa data pribadi yang dikumpulkan dan diproses telah sesuai dengan hukum dan bahwa hak-hak individu dalam hal privasi dan keamanan data dihormati. Jadi secara keseluruhan, PPDP adalah peran penting dalam mengelola perlindungan data pribadi dalam suatu organisasi. Dengan mengemban tanggung jawab ini, PPDP membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan perlindungan data, melindungi privasi individu, dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan data oleh organisasi.

Program Studi Bisnis Digital IDB Bali

Melalui pendekatan yang inovatif dan kolaboratif, program studi Bisnis Digital IDB Bali terus berusaha untuk menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan kebutuhan industri. Dengan menghadirkan pengalaman belajar yang berfokus pada keahlian praktis dan tantangan nyata yang dihadapi oleh dunia bisnis digital, mereka mendorong mahasiswa untuk menjadi profesional yang siap menghadapi dunia kerja yang dinamis dan kompetitif.

Bagikan Artikel