Kam | 20 Jun 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
10 Tips Mengambil Foto yang Bagus, Anti Mainstream!

10 Tips Mengambil Foto yang Bagus, Anti Mainstream!

Fotografi adalah seni yang memungkinkan kita untuk menangkap momen-momen berharga dan berbagi kisah melalui gambar. Bagi seorang fotografer profesional atau hanya seorang penggemar fotografi, mengambil foto yang bagus adalah tujuan yang ingin dicapai semua orang.

Berikut adalah beberapa tips mengambil foto yang bagus dan anti mainstream:

1. Pahami Kamera Milikmu

Sebelum mulai mengambil foto, penting untuk benar-benar memahami kameramu, yakni perangkat fotografi yang kamu gunakan. Dengan kata lain, pelajari berbagai fungsi, mode, dan pengaturan yang tersedia pada kameramu sehingga kamu dapat mengoptimalkan penggunaan kamera tersebut sesuai dengan berbagai situasi fotografi yang kamu hadapi.

2. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu elemen kunci dalam fotografi. Cobalah untuk memahami cahaya dan bagaimana itu memengaruhi subjekmu. Pada umumnya, cahaya alami yang lembut, seperti cahaya matahari pagi atau senja, menghasilkan hasil yang lebih indah. Jika memungkinkan, hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap.

3. Pilih Sudut yang Tepat

Ketika kamu mengambil foto, eksperimen dengan sudut pengambilan gambar. Cobalah berbaring di tanah, naik ke tempat tinggi, atau mengambil foto dari sudut yang tidak biasa. Ini dapat menciptakan komposisi yang menarik dan unik.

4. Fokus pada Subjek Utama

Dalam mengambil foto yang sukses, pastikan bahwa subjek utama dari gambarmu sangat jelas terlihat. Kamu bisa menggunakan teknik fokus untuk memastikan bahwa subjek terpisah dengan baik dari latar belakang, sehingga subjek menjadi lebih menonjol dan mudah dikenali oleh pengamat.

5. Perhatikan Komposisi

Perhatikanlah prinsip-prinsip dasar komposisi seperti aturan sepertiga, simetri, dan berbagai panduan lainnya untuk menciptakan foto yang estetis dan harmonis. Mengaplikasikan prinsip-prinsip ini akan membantumu mencapai hasil yang memikat mata dan menciptakan karya seni yang menawan.

6. Gunakan Mode Manual

Setelah kamu benar-benar menguasai penggunaan mode otomatis pada kameramu, pertimbangkan untuk beralih ke mode manual. Mode manual memberikanmu lebih banyak kontrol atas pengaturan kamera seperti kecepatan rana, bukaan, dan ISO. Ini memungkinkan kamu mengambil foto dengan tingkat kreativitas yang lebih tinggi dan sesuai dengan visimu sebagai seorang fotografer.

7. Eksperimen dengan Tepat

Jangan ragu untuk mengambil banyak foto dari berbagai sudut, pengaturan, dan variasi pengambilan gambar. Mengambil banyak foto memungkinkan dalam mendapatkan eksperimen dengan pengaturan kamera yang berbeda, bermain dengan efek visual, dan menciptakan gaya pengambilan gambar yang beragam.

8. Gunakan Aksesori

Untuk meningkatkan kualitas foto, pertimbangkan untuk memanfaatkan aksesori fotografi seperti tripod yang dapat membantu menjaga stabilitas gambar, filter yang dapat mengontrol pencahayaan, serta lensa tambahan untuk menghasilkan efek yang unik dalam pengambilan gambarmu.

9. Edit dengan Bijak

Setelah mengambil foto, jangan lupa untuk mengeditnya. Pengeditan foto merupakan langkah penting dalam menghasilkan hasil akhir yang lebih berkualitas. Dengan bantuan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Lightroom atau aplikasi sederhana seperti Instagram, kamu dapat memperbaiki warna, kontras, dan komposisi agar sesuai dengan visi artistikmu. Pada akhir artikel ini akan disampaikan bagaimana cara melatih kemampuan dalam mengedit foto.

10. Terus Belajar

Fotografi adalah seni yang terus berkembang dan berkembang. Oleh karena itu, teruslah belajar dengan membaca buku, mengikuti kursus, mengamati karya-karya fotografer terkenal, dan memeriksa tren terbaru dalam fotografi. Praktik terus-menerus dan niat untuk terus belajar adalah kunci untuk menjadi seorang fotografer yang semakin mahir dan kreatif dalam menghasilkan karya yang memukau.


Mengambil foto yang bagus memang memerlukan waktu, kesabaran, dan latihan. Dengan menerapkan tips dan trik ini, kamu dapat meningkatkan keterampilan fotografimu dan menghasilkan karya yang memukau. Namun jika ingin mengembangkan skill fotografi maupun videografi lebih mendalam kalian dapat berkuliah di Institut Desain dan Bisnis Bali dengan memilih Program Studi Desain Komunikasi Visual, karena pada program studi ini akan diajarkan secara lengkap dan mendalam mulai dari cara pengambilan foto hingga editing foto, serta Institut Desain dan Bisnis Bali memfasilitasi minat para mahasiswanya dengan Studio Foto. Selain itu Institut Desain dan Bisnis Bali juga memiliki organisasi mahasiswa Fotografi dan Videografi bernama Obscura, pada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Obscura para mahasiswa akan dapat mengasah skill di luar dari jam perkuliahan dan tentunya bersama dengan mahasiswa dengan minat yang sama.

Tunggu apa lagi?

Jadi bagian dari pembelajaran inspiratif mengenai Desain Komunikasi Visual dengan berabung bersama kampus yang terbukti berpengalaman dalam meluluskan sarjana Desain berkualitas.

IDB Bali
Create Your Own Creative Journey

Bagikan Artikel