Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
IDB Bali Laksanakan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Membina UMKM Demi Lingkungan Berkelanjutan

IDB Bali Laksanakan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Membina UMKM Demi Lingkungan Berkelanjutan

Sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen pada pelaksanaan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali tidak hanya fokus pada pengajaran di dalam kelas, tetapi juga aktif dalam pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk nyata dari pengabdian ini adalah melalui pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Pada tahun 2023, IDB Bali berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam proyek pembinaan UMKM di Desa Batubulan, Kabupaten Gianyar, Bali. Proyek ini bertajuk “Pembinaan UMKM Pesona Plastic di Desa Batubulan, Kabupaten Gianyar, Bali: Pengembangan Produk Desain dari Limbah Plastik dengan Pemanfaatan Teknologi dan Strategi Manajemen Bisnis Berkelanjutan.” IDB Bali bersama mitra UMKM setempat, Pesona Plastic, berkomitmen untuk mengatasi permasalahan serius yang dihadapi oleh UMKM tersebut, yang berfokus pada pengolahan limbah plastik.

Dalam proyek ini, IDB Bali tidak hanya memberikan bantuan dana, tetapi juga memberikan dukungan berupa pelatihan kepada para pelaku UMKM. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari desain produk, manajemen kewirausahaan, pemasaran digital, hingga integrasi website. Tim pelaksana, yang dipimpin oleh Ibu Ni Komang Prasiani, SE., M.M., berhasil menyelesaikan program ini pada 9 Desember 2023, dengan memberikan alat dan dukungan yang signifikan kepada UMKM Pesona Plastic.

Dampak dari pembinaan UMKM ini tidak hanya terlihat dalam peningkatan kualitas produk interior dan kreatif yang dihasilkan oleh Pesona Plastic, tetapi juga dalam kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengubah limbah plastik menjadi produk desain yang bernilai, Pesona Plastic turut berperan dalam mengurangi pencemaran lingkungan dan mendukung upaya daur ulang plastik. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi UMKM tersebut, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Apresiasi yang diberikan oleh pihak kelian adat dan masyarakat setempat terhadap program ini menjadi bukti nyata akan manfaatnya. Masyarakat mengakui dampak positifnya terhadap pengurangan pencemaran lingkungan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Program ini menjadi contoh bagaimana pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dapat bersinergi untuk menciptakan perubahan yang nyata dan bermanfaat bagi semua pihak.

Melalui pembinaan UMKM seperti ini, IDB Bali tidak hanya membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga berkontribusi dalam membangun lingkungan yang lebih berkelanjutan. Dengan memanfaatkan teknologi dan strategi manajemen bisnis berkelanjutan, UMKM dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Bersama-sama, mari terus berdayakan UMKM lokal untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan bermanfaat bagi semua. IDB Bali akan terus berkomitmen untuk melaksanakan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Bagikan Artikel