Sel | 27 Feb 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Institut Desain dan Bisnis Bali Resmi Buka Program Magister Desain S2 (M.Ds.) Menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Bali dan Indonesia Timur serta Perguruan Tinggi ke-7 di Indonesia

Institut Desain dan Bisnis Bali Resmi Buka Program Magister Desain S2 (M.Ds.) Menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Bali dan Indonesia Timur serta Perguruan Tinggi ke-7 di Indonesia

Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) meraih tonggak sejarah baru pada tanggal 7 Desember 2023 dengan resmi membuka Program Magister Desain (M.Ds.). Dengan resmi dibukanya program studi S2 ini, IDB Bali kini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Bali dan Indonesia bagian Timur yang memiliki Magister Desain. Menariknya, IDB Bali juga menjadi perguruan tinggi ke-7 di Indonesia yang menawarkan program Magister Desain. Dengan diterimanya Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nomor 903/E/O/2023, secara resmi Surat Keputusan ini diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T. kepada Rektor IDB Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I. Kom., M.M. dan jajaran rektorat IDB Bali.

Respon Terhadap Kebutuhan Industri Kreatif

Keputusan ini bukan semata-mata sebagai langkah strategis perguruan tinggi, namun juga sebagai respon terhadap kebutuhan industri kreatif di era sekarang dan masa depan. IDB Bali memahami bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang desain sangat krusial, dan dengan membuka program Magister Desain, perguruan tinggi ini berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam mencetak profesional desain yang kompeten dan inovatif.

Dosen Profesional dan Fasilitas Modern

Untuk mendukung program Magister Desain, IDB Bali telah mempersiapkan pembimbing-pembimbing yang merupakan pakar dan ahli di bidangnya serta multidisiplin, program ini diharapkan mampu mencetak para pemimpin di industri kreatif yang dinamis dan berdaya saing tinggi.

Dalam program ini, mahasiswa tidak hanya akan dipandu oleh dosen-dosen berpengalaman tetapi juga akan diinspirasi untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif secara lebih luas. Langkah penting tersebut bertujuan agar mahasiswa tidak hanya berhasil secara akademis, tetapi juga tumbuh menjadi inovator dan pemimpin yang visioner dalam dunia desain yang terus berkembang.

Selain tenaga pengajar yang kompeten, IDB Bali juga telah mempersiapkan fasilitas modern dan terintegrasi yang mendukung proses belajar mengajar. Fasilitas ini mencakup teknologi terkini dan sumber daya yang dibutuhkan untuk pengalaman belajar yang efektif dan menyeluruh. Dengan lingkungan yang mendukung dan akses ke sumber daya berkualitas tinggi, IDB Bali memastikan bahwa mahasiswa mereka memiliki segala yang dibutuhkan untuk mencapai potensi penuh mereka dalam bidang desain.

Pembeda Magister Desain di IDB Bali dengan Perguruan Tinggi Lainnya

Wakil Rektor II IDB Bali, Gede Yudha Anugerah Pratama, B.AppSc., M.BIT, menyoroti keunikan Program Magister Desain di IDB Bali. “Program kami berbeda dari perguruan tinggi lain karena kami mengintegrasikan aspek desain, bisnis, teknologi, dan kebudayaan, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk tumbuh menjadi pemimpin di industri kreatif,” ujar beliau. Beliau juga menambahkan bahwa keistimewaan program ini tidak hanya terletak pada kurikulumnya, tetapi juga pada luasnya pilihan area penelitian yang disediakan.

Menurut Wakil Rektor II, IDB Bali menyediakan spektrum penelitian yang sangat luas, meliputi penciptaan desain hingga kewirausahaan kreatif, sehingga memungkinkan mahasiswa lintas jurusan untuk melanjutkan di program Magister Desain. Ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan minat serta keahlian mereka sesuai dengan tren industri yang terus berkembang.

Selain itu, IDB Bali berkomitmen untuk menyediakan bimbingan yang mendalam dan dukungan yang berkelanjutan bagi mahasiswa Program Magister Desain. “Kami memilih pembimbing yang spesialis di bidangnya, tidak kaku, dan selalu memotivasi mahasiswa kami untuk menyelesaikan studi tepat waktu. Sehingga mahasiswa kami mendapatkan bimbingan yang berkualitas dan dukungan yang konstruktif sepanjang proses pembelajarannya,” terang Wakil Rektor II.

Dengan mengutamakan aspek-aspek tersebut dan fokus multidisiplin, IDB Bali bertekad untuk tidak hanya menyediakan gelar akademik, tetapi juga membentuk lulusan yang siap bersaing dan berinovasi di kancah industri desain yang dinamis dan selalu berubah.

Beasiswa untuk Pendidikan Desain Lanjutan yang Lebih Baik

Dalam upayanya mendukung kemajuan industri kreatif di Indonesia, Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) mengumumkan program beasiswa yang dirancang dengan persyaratan yang mudah diakses. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen IDB Bali untuk memperkuat ekosistem pendidikan desain dan membantu generasi muda Indonesia dalam meraih kesuksesan di masa depan. Program beasiswa ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi para calon mahasiswa yang berminat untuk mengejar karir di bidang kreatif dan desain.

IDB Bali
Create Your Own Creative Journey

Informasi Pendaftaran

Bagikan Artikel