Kam | 29 Feb 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Seminar Creativepreneur IDB Bali undang Kepala Bidang HIPMI Denpasar & Pelantikan Pengurus HIPMI PT IDB Bali

Seminar Creativepreneur IDB Bali undang Kepala Bidang HIPMI Denpasar & Pelantikan Pengurus HIPMI PT IDB Bali

Pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 telah terlaksana kegiatan seminar dan pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi Institut Desain dan Bisnis Bali bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) CreativePreneur IDB Bali, kegiatan seminar ini adalah kegiatan rutin dari UKM CreativePreneur itu sendiri dan pada kesempatan kali ini UKM CreativePreneur mengadakan seminar sekaligus dengan pelantikan pengurus HIPMI PT IDB Bali bersama anggota UKM CreativePreneur yang baru. Seminar pada kesempatan kali ini mengusung tema “Creativity is the Greatest Asset”. Seminar ini dihadiri oleh masyarakat umum, perwakilan dari HIPMI Denpasar, perwakilan dari HIPMI perguruan tinggi di Denpasar dan perwakilan dari UKM IDB Bali lainnya.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari MC, lalu dilanjutkan dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne HIPMI Denpasar, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor II IDB Bali, Gede Yudha Anugerah Pratama, B.AppSc., M.BIT., Koordinator bidang Kemahasiswaan, Ketua HIPMI PT IDB Bali dan perwakilan dari HIPMI Denpasar. Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan sesi sharing dengan 2 narasumber.

2 Narasumber Berpengalaman di Dunia Entrepreneur

Kegiatan seminar yang diadakan oleh UKM CreativePreneur ini mendatangkan 2 narasumber, narasumber pertama adalah I Putu Hendra Arimbawa dan narasumber yang ke dua Ida Bagus Ratu Antoni Putra atau yang akrab dipanggil dengan nama “Monez“. Pembahasan dengan narasumber pertama yakni I Putu Hendra Arimbawa tentang biografi singkat beliau yang merupakan generasi kedua dari PT. Adhi Darma International dan Founder dari Bali Sourcing, beliau ini sangat menyukai hasil karya Bali dan Indonesia sehingga beliau terjun untuk mempermudah akses produk-produk Indonesia. Beliau juga saat ini adalah salah satu kepala bidang di HIPMI Denpasar.

Pada sesi ini beliau menceritakan tentang perjalanan bisnis beliau yang dikelolanya saat ini, Adhi Darma Cargo adalah salah satu bisnis yang dikelola oleh beliau saat ini bergerak dalam bidang pengiriman barang, bisnis ini juga memiliki tujuan yakni pengadaan produk–produk asli Indonesia ke pangsa ekspor International dengan cita–cita memajukan pengrajin lokal.

Sejarah dari bisnis ini adalah berawal dari sang ayah yang membangun bisnis ini I Nyoman Mawiana di Jalan Raya Kengetan, Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, bisnis ini sudah dirintis sejak tahun 1914 hingga saat ini masih tetap eksis di era digital ini, dan sekarang bisnis ini telah dilimpahkan kepada sang anak yakni I Putu Hendra Arimbawa dan ternyata sebelumnya beliau pernah Work from Home (WFH) di Australia selama 1 tahun, dari sanalah beliau mendapat pengalaman, setelah usai WFH beliau kembali ke Bali dan melanjutkan usaha sang ayah. Beliau juga berkata “pengalaman perlu kita kejar, semasih muda perbanyaklah pengalaman, cobalah semua hal baru selagi kita bisa”.

Untuk sesi selanjutnya adalah sesi penanda tanganan MOU untuk kerjasama IDB Bali dengan HIPMI Denpasar dan serah terima jabatan kepengurusan HIPMI Denpasar. Kerjasama ini diharapkan bisa menciptakan sumber daya manusia yang lebih kreatif.

Selanjutnya dilanjutkan sesi sharing dengan narasumber ke dua yakni Ida Bagus Ratu Antoni Putra atau yang akrab dipanggil “Monez” tentang biografi singkat dirinya, beliau berkuliah di Institut Seni Indonesia (ISI), beliau menempuh Pendidikan disana dari S1 sampai S2 , dimana S1 beliau mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual dan S2 Kajian Seni.

Pembahasan pada sesi ini, beliau menceritakan mengenai bagaimana kita mendapatkan inspirasi dalam mendesign, beliau juga mengajarkan bagaimana kita melihat sesuatu dari angle yang berbeda, dan berkata “cobalah kita melihat suatu objek dari angle yang berbeda maka hasilnyapun akan berbeda”, beliau ini saat ini adalah seorang illustrator dan juga sudah banyak berkolaborasi dengan brand–brand besar, contohnya Starbucks, Aqua, Adidas, serta pernah menjadi pembicara pada workshop di Apple Store Singapore dan masih banyak lagi.

Selain itu beliau juga sharing bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dengan skill leadership yang baik, mengajarkan bagaimana kita bisa membangun perusahaan dengan orang–orang yang kreatif dan mengutamakan attitude dalam bekerja.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi saksi penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) yang mengikat IDB Bali dan HIPMI Denpasar dalam kerjasama yang erat. Kerjasama ini bukan sekadar sebuah perjanjian, melainkan pintu masuk bagi mahasiswa IDB Bali untuk menjelajahi peluang emas di dunia wirausaha. MOU ini diharapkan membuka jalan menuju kolaborasi yang fruktif antara dunia pendidikan dan industri, menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan jiwa kreatif dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

IDB Bali, sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang holistik, dengan bangga mendukung dan berjanji untuk terus berkembang. Sebagai wadah yang merangkul kekreatifan dan inovasi, IDB Bali akan terus melibatkan diri dalam mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa, memastikan bahwa mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang membangun keterampilan yang relevan di dunia nyata. Perguruan tinggi ini berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan yang tidak hanya mengejar keunggulan akademis, tetapi juga mengedepankan nilai-nilai kewirausahaan, kreativitas, dan kepemimpinan, sehingga setiap mahasiswa dapat keluar dari kampus sebagai individu yang siap menghadapi tantangan masa depan.

IDB Bali
Create Your Own Creative Journey

Informasi Pendaftaran

Bagikan Artikel