Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Mahasiswa IDB Bali dibekali Pemahaman Penggunaan Aplikasi Mendeley Guna Mendukung Tugas Akhir yang Memuaskan

Mahasiswa IDB Bali dibekali Pemahaman Penggunaan Aplikasi Mendeley Guna Mendukung Tugas Akhir yang Memuaskan

Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali terus memberikan dukungan komprehensif kepada para mahasiswanya untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan studi mereka tepat waktu dengan hasil tugas akhir yang memuaskan. Salah satu upaya konkret yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan “Workshop Penggunaan Aplikasi Mendeley” pada tanggal 7 Februari 2024, sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menggunakan aplikasi manajemen referensi yang berguna, Mendeley.

Mendeley adalah salah satu aplikasi manajemen referensi yang populer dan berguna bagi para peneliti, mahasiswa, dan akademisi. Dengan Mendeley, pengguna dapat dengan mudah mengatur, menyimpan, dan berbagi referensi serta artikel ilmiah. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat daftar kutipan, mengelola koleksi referensi, serta melakukan pengelolaan literatur ilmiah dengan lebih efisien.

Workshop ini dilaksanakan oleh tim dari Sistem Informasi IDB Bali, yang telah berpengalaman dalam penggunaan dan pengelolaan aplikasi Mendeley. Selain itu, beberapa tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) juga turut serta dalam membimbing para mahasiswa. Mereka memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan Mendeley, mulai dari pengenalan dasar tentang karya tulis yang sesuai dengan standar, hingga teknis penggunaan aplikasi secara praktis.

Dalam workshop ini, mahasiswa diperkenalkan dengan fitur-fitur utama yang tersedia di Mendeley, seperti cara menambahkan referensi, membuat daftar kutipan, dan melakukan sinkronisasi antara berbagai perangkat. Mereka juga diberikan panduan tentang bagaimana cara memanfaatkan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh Mendeley, seperti pembuatan grup untuk berbagi referensi dengan rekan satu tim atau rekan penelitian lainnya.

Selama sesi praktik, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk langsung mencoba menggunakan Mendeley di bawah bimbingan langsung dari para pengajar. Mereka diajak untuk mengunggah referensi-referensi yang mereka miliki ke dalam aplikasi, membuat daftar kutipan untuk karya tulis mereka, dan melakukan berbagai tugas praktis lainnya. Seluruh proses tersebut dilakukan secara interaktif, di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang hal-hal yang mungkin masih membingungkan atau sulit dipahami.

Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk memberikan mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menggunakan Mendeley secara efektif dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah mereka. Dengan menguasai aplikasi ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih mudah mengatur literatur dan referensi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas akhir mereka dengan lebih efisien dan akurat.

Selain itu, workshop ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa meningkatkan kualitas tugas akhir mereka, dengan memastikan bahwa referensi yang digunakan telah dielola dengan baik dan sesuai dengan standar akademik yang berlaku. Dengan demikian, diharapkan hasil akhir dari tugas akhir mereka dapat memenuhi ekspektasi dosen pembimbing dan mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

IDB Bali berkomitmen untuk terus memberikan dukungan yang komprehensif kepada para mahasiswa dalam proses pembelajaran dan penelitian mereka. Melalui berbagai kegiatan seperti workshop ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan akademik dan profesional yang ada di depan mereka, serta menjadi lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja.

IDB Bali
Create Your Own Creative Journey

Informasi Pendaftaran

Bagikan Artikel