Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Mapala Widya Bhuana IDB Bali Sukses Menggelar Widya Bhuana Prusiking Competition 2023

Mapala Widya Bhuana IDB Bali Sukses Menggelar Widya Bhuana Prusiking Competition 2023

Mahasiswa Pencinta Alam Institut Desain dan Bisnis Bali, Mapala Widya Bhuana sukses menggelar kegiatan Widya Bhuana Prusiking Competition 2023 pada tanggal 15-16 April 2023. Kegiatan yang digelar selama dua hari ini bertempat di Desa Jagapati, Badung. Kegiatan ini merupakan ajang perlombaan pertama yang digelar oleh UKM Mapala Widya Bhuana sebagai program kerja terbaru mereka. Widya Bhuana Prusiking Competition 2023 merupakan perlombaan yang dilakukan dengan menggunakan teknik prusiking, yaitu menggunakan simpul prusik untuk memanjat sebuah tali yang menjuntai.

Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) tidak hanya memiliki Mapala Widya Bhuana sebagai unit kegiatan mahasiswanya. Sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan meningkatkan skill dalam lingkup non akademik, IDB Bali memiliki banyak pilihan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mulai dari olahraga hingga kesenian.

Rentetan perlombaan ini diawali dengan sambutan meriah dari Ibu Ni Kadek Dwi Aprilianti, S.Kes. selaku perwakilan dari Kampus IDB Bali, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali. Tak lupa ketua panitia dari kegiatan ini, I Wayan Eka Pramadanta juga turut memberikan sambutannya. Widya Bhuana Prusiking Competition 2023 pun secara resmi dibuka dengan dilakukannya penyematan carabiner pada tali prusik yang akan digunakan dalam perlombaan oleh perwakilan dari Dikbud Bali.

Pada acara ini, Mapala Widya Bhuana turut menggandeng Wardah sebagai sponsor partner mereka. Sebelum perlombaan dimulai, pihak Wardah memberikan sunscreen kepada para perserta lomba guna melindungi kulit mereka dari teriknya sinar matahari. Setelah itu, panitia lomba kemudian memberikan contoh cara pemanjatan dan pengarahan mengenai teknis lomba kepada para peserta. Acara kemudian dilanjutkan dengan persiapan dari masing-masing peserta sebelum memulai perlombaan. Antusiasme peserta yang hadir begitu terlihat selama acara berlangsung.

Final Acara Mapala Widya Bhuana Prusiking Competition 2023

Pada hari kedua acara Widya Bhuana Prusiking Competition 2023, lomba dilanjutkan dengan peserta yang lolos pada hari sebelumnya mengikuti babak final. Babak pertama untuk kategori perorangan putra SMA/SMK, kemudian dilanjutkan dengan final perorangan putri SMA/SMK. Babak final selanjutnya adalah kategori campuran kelompok SMA/SMK, yang kemudian disusul campuran terbuka U20. Setelah babak final selesai, para peserta dapat beristirahat untuk makan siang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan sertifikat kepada para pemenang dari masing-masing kategori lomba. Selanjutnya, diadakan sesi foto dan penutupan acara Widya Bhuana Prusiking Competition 2023 oleh pihak penyelenggara. (Anjali, Christ)

Bagikan Artikel