Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Melalui P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Mahasiswa Program MBKM Desain Mode IDB Bali, Inspirasi Generasi Muda

Melalui P5 (Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Mahasiswa Program MBKM Desain Mode IDB Bali, Inspirasi Generasi Muda

Pada tanggal 23 Januari 2024, 8 mahasiswa Desain Mode IDB Bali mengunjungi beberapa sekolah di daerah Baturiti, termasuk SD Negeri 1 Baturiti, SD Negeri 3 Baturiti, SD Negeri 4 Baturiti, dan SMP Negeri 1 Baturiti. Mereka membawa misi untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif terhadap alam, terutama dalam hal pengelolaan sampah plastik.

Dalam kegiatan ini, para siswa diajarkan tentang bahaya membuang sampah plastik sembarangan dan pentingnya praktik daur ulang. Mahasiswa Desain Mode IDB Bali bersama tim dari Nool, sebuah brand inisiatif mahasiswa IDB Bali yang fokus pada produk daur ulang sampah plastik, memperlihatkan kepada siswa-siswi bagaimana mereka dapat mengolah sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat seperti kantong plastik dan tutup botol.

Antusiasme siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan ini sangatlah menggembirakan. Mereka tidak hanya mendengarkan dengan serius, tetapi juga aktif bertanya dan berpartisipasi dalam praktik mengolah sampah plastik. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Desain Mode IDB Bali berhasil menciptakan kesadaran baru di kalangan generasi muda tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kreativitas dalam mengolah sampah plastik menjadi produk yang berguna.

Program P5 ini bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan, tetapi juga melibatkan siswa-siswi dalam tindakan nyata untuk melindungi lingkungan. Melalui pembelajaran langsung dan praktik mengolah sampah plastik, para siswa diajak untuk menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar mereka.

Kerjasama antara mahasiswa Desain Mode IDB Bali dan Nool sebagai brand yang menginisiasi pengelolaan sampah plastik menjadi produk bermanfaat menjadi contoh nyata kolaborasi antara akademisi dan praktisi dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Melalui kreativitas dan inovasi, mereka mampu mengubah pandangan tentang sampah plastik dari sesuatu yang merugikan menjadi sumber potensi untuk menciptakan produk yang berguna.

Dengan demikian, program P5 ini bukan hanya memberikan manfaat langsung bagi siswa-siswi yang terlibat, tetapi juga memberikan inspirasi bagi seluruh komunitas sekolah dan masyarakat sekitar untuk berpikir dan bertindak lebih proaktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Ini juga menunjukkan komitmen IDB Bali dalam memberikan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai sosial dan lingkungan, serta mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin yang peduli dan bertanggung jawab.

IDB Bali
Create Your Own Creative Journey

Informasi Pendaftaran

Bagikan Artikel