/
/
2023 Penuh Semangat Perubahan! Program Bina Desa IDB Bali Sasar Pelaku UMKM Desa Jelijih Punggang

2023 Penuh Semangat Perubahan! Program Bina Desa IDB Bali Sasar Pelaku UMKM Desa Jelijih Punggang

Program Bina Desa jelijih Punggang

Program Bina Desa yang diadakan Institut Desain dan Bisnis Bali telah berhasil dilaksanakan dengan lancar. Kali ini Program Bina Desa IDB Bali dilaksanakan di Desa Jelijih Punggang, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Desa Jelijih Punggang merupakan desa dengan mayoritas penduduknya masih kurang memahami peranan penting teknologi bagi usaha khususnya UMKM.

Desa Jelijih Punggang terdiri dari 9 dusun yaitu Dusun Jelijih Kaja, Dusun Jelijih kelod, Dusun Punggang, Dusun Penyawa, Dusun Kaja, Dusun Kangin, Dusun Kelod, Dusun Kawan dan Dusun Dauh Tukad. Adapun mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagian besar pada sektor pertanian dan perkebunan. Hasil dari pertanian dan perkebunan dari masyarakat kemudian dipasarkan langsung atau diolah menjadi produk tertentu oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga masyarakat juga banyak mengambil pekerjaan sebagai pedagang.

Pada tanggal 18 Januari 2023, tim Program Bina Desa IDB Bali melakukan kunjungan ke desa Jelijih Punggang  dalam rangka keberlanjutan program pengembangan website desa dan sosialisasi kerangka kewirausahaan bagi pelaku UMKM yang ada di desa Jelijih Punggang. Website saat ini memang sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan dan tentunya sangat berperan sebagai media informasi dan promosi. Selain itu hal dasar yang wajib untuk dikuasai bagi pelaku UMKM adalah memahami kerangka penting kewirausahaan yang akan menjadi acuan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha atau bisnis yang dibangun.

Masyarakat Desa Jelijih Punggang banyak yang memiliki UMKM seperti usaha pembuatan jajanan Bali,  pengolahan kelapa sawit,  pengrajin keben dari tempurung kelapa,  dan pembuatan produk Kesehatan yaitu jus kulit manggis. Ada banyak potensi sumber daya dari Desa Jelijih Punggang, namun untuk pengelolaan masih kurang dilaksanakan dengan baik.

Tujuan Program Bina Desa

Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) selalu memberikan dedikasi bagi masyarakat ataupun wilayah tertentu yang memerlukan pelatihan dan pembelajaran terkait bisnis atau teknologi lainnya. Seluruh civitas akademika IDB Bali baik itu tenaga pengajar (dosen) maupun mahasiswa bersama-sama berkolaborasi untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat luas terkait pentingnya memahami peran teknologi khususnya bagi pelaku bisnis.

Program Bina Desa yang diadakan IDB Bali nyatanya telah diadakan semenjak tahun 2022 dan tahun ini telah masuk pada program tahun ke-2. Sehingga melalui program Bina Desa ini, diharapkan dapat membangun dan mempererat hubungan civitas akademika IDB Bali dengan masyarakat. Melalui program ini juga, diharapkan mahasiswa dapat membantu warga desa untuk mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Desa Jelijih Punggang.

Bagikan Artikel