Kam | 18 Apr 2024 |
Indonesian ID English EN
Search
Close this search box.
/
/
Percepatan Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) Institut Desain dan Bisnis Bali 2023: Membangun Wawasan Mahasiswa Baru

Percepatan Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) Institut Desain dan Bisnis Bali 2023: Membangun Wawasan Mahasiswa Baru

Pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2023, Institut Desain dan Bisnis Bali (IDB Bali) menyelenggarakan acara Percepatan Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) yang bertempat di GOR Lila Bhuana. PPLK merupakan salah satu momen penting bagi mahasiswa baru yang bukan hanya ajang perkenalan, tetapi juga sarana memperluas wawasan serta membangun kesiapan dalam menjalani kehidupan kampus.

Hari pertama acara PPLK IDB Bali diawali dengan meriahnya acara pembukaan. Suasana penuh semangat menggema di dalam GOR Lila Bhuana, dengan para mahasiswa baru yang telah lama menanti momen ini. Acara pembukaan ini bukan hanya sebagai formalitas, tetapi juga sebagai langkah awal bagi para mahasiswa baru untuk merasakan atmosfer kebersamaan di kampus.

Salah satu poin penting dari PPLK adalah pengenalan lembaga. Mahasiswa baru diberikan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai lembaga di dalam kampus, termasuk struktur organisasi, peran, dan fungsi masing-masing lembaga. Hal ini akan membantu mereka untuk lebih memahami bagaimana mekanisme kampus berjalan dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan akademik maupun non-akademik.

Tidak hanya fokus pada hal-hal akademis, PPLK IDB Bali juga memiliki misi sosial yang sangat penting. Di hari pertama, para mahasiswa baru mendapatkan kesempatan langka untuk menghadiri seminar wawasan anti narkoba. Seminar ini dipandu oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Denpasar, yang memberikan pemahaman mendalam tentang bahaya narkoba dan dampak negatifnya terhadap individu dan masyarakat. Pesan anti-narkoba ini sangat relevan dalam konteks kehidupan kampus, di mana mahasiswa seringkali menjadi sasaran empuk bagi penyalahgunaan narkoba.

Pada hari kedua PPLK, suasana masih tetap penuh semangat. Mahasiswa baru diajak untuk menjelajahi IDB Bali dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu akademik dan non-akademik. Mereka akan diberikan informasi tentang kurikulum, jadwal perkuliahan, serta berbagai fasilitas pendukung akademik yang tersedia di kampus. Sementara itu, dari segi non-akademik, mahasiswa baru akan mengenal beragam unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang aktif di IDB Bali. Ini adalah kesempatan emas bagi mereka untuk menemukan minat dan bakat mereka di luar ruang kuliah.

Pada perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) para perwakilan UKM juga menampilkan pensi yang sangat menarik perhatian para mahasiswa baru. Kegiatan UKM Institut Desain dan Bisnis Bali sangat beragam, mulai dari olahraga, kesenian, foto dan videografi, dance modern dan masih banyak lagi. Adapun UKM yang turut menampilkan pensi pada hari kedua PPLK Institut Desain dan Bisnis Bali adalah UKM GMS (gravity music squad), UKM Goldmonk Yoga, UKM Teater Biru Jingga, UKM Thunder yaitu mahasiswa yang berminat dengan dance modern, UMK Perkamen yaitu organisasi mahasiswa yang memiliki hobby menggambar maupun melukis, Putra-Putri Kampus (PPK), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan juga GFC (Gravity Foot Ball Club). Tentunya UKM lainnya tidak kalah keren dan menarik untuk diikuti mahasiswa baru IDB Bali.

Tak ketinggalan, hari kedua juga menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para peserta. Acara games dengan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenangnya membuat antusiasme mahasiswa baru semakin tinggi. Games ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menggalang kekompakan dan kerja sama antar mahasiswa baru. Hal ini sangat penting dalam membangun semangat solidaritas di antara mereka.

Pentingnya Rangkaian PPLK Institut Desain dan Bisnis Bali

Melalui PPLK IDB Bali, mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan dengan kampus, tetapi juga dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan semangat yang akan mereka butuhkan dalam menjalani kehidupan perkuliahan. Mereka akan memasuki dunia akademik yang penuh tantangan, tetapi dengan persiapan yang matang dari PPLK, mereka siap untuk menghadapinya.

PPLK Institut Desain dan Bisnis Bali juga menggambarkan komitmen kampus untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan holistik mahasiswa. Selain fokus pada aspek akademik, IDB Bali juga menekankan pentingnya pembinaan karakter, kedisiplinan, dan integritas. PPLK bukan hanya tentang memahami tempat belajar, tetapi juga tentang mengembangkan kepribadian yang tangguh dan positif.

Dengan demikian, acara Percepatan Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) Institut Desain dan Bisnis Bali menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan mahasiswa baru. Mereka tidak hanya akan tumbuh sebagai individu yang cerdas secara akademik, tetapi juga sebagai individu yang memiliki integritas, semangat sosial, dan komitmen terhadap kebaikan bersama. Semoga PPLK Institut Desain dan Bisnis Bali terus menjadi momen berharga dalam membentuk generasi mahasiswa yang unggul dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Bagikan Artikel